Sengatan Asia

Sengatan Asia

Zacky Antoni, merupakan penulis sekaligus Wartawan Senior di Provinsi Bengkulu yang saat ini menjabat sebagai Dewan Kehormatan PWI Bengkulu.--(Sumber Foto: Zacky Antoni/Betv).

Begitu juga di babak 8 besar. Kemenangan Korsel atas spanyol juga dianggap berkat bantuan wasit. Dua gol Spanyol dianulir wasit karena dianggap offside.  

BACA JUGA:Update Gempa Cianjur: 310 Korban Meninggal, 24 Hilang

Piala Dunia 2002 menandai kiprah baru benua Asia. Untuk pertama kalinya FIFA menunjuk dua negara Asia, Korsel dan Jepang menjadi tuan rumah bersama. Prestasi fenomenal diraih Korsel dengan berhasil melaju hingga empat besar. Mereka mengalahkan tim-tim top Eropa. Di babak penyisihan grup antara lain mengalahkan Polandia 2-0, imbang lawan AS 1-1, lalu menang lawan Portugal 1-0. Korsel lolos ke fase knock out sebagai juara grup. 

Di babak 16 besar, Korsel melewati hadangan Italia. Negeri pizza itu sebetulnya lebih diunggulkan karena diperkuat banyak bintang seperti Del Piero, Paolo Maldini, Totti, Buffon dll. Di babak 8 besar, Korsel menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti. 

BACA JUGA:Keluarga Benarkan Pengemudi Truk Merupakan Warga Sumber Urip

Tapi impian menuju partai puncak dibuyarkan Jerman di semifinal. Korsel kalah lewat gol tunggal Michael Ballack. Prestasi Korsel lebih baik dibanding tuan rumah lainnya yaitu Jepang yang hanya sampai delapan besar.

Dominasi Dua Kutub

Sejarah Piala Dunia cuma terbagi dalam dua kutub. Eropa dan Amerika Latin. Negara dari dua kawasan ini silih berganti merebut gelar paling bergengsi di ajang empat tahunan itu. Belum ada negara dari kawasan lain yang sanggup mematahkan dominasi Eropa dan Amerika Latin. Tidak Afrika yang dikenal memiliki pemain-pemain berbakat. Tidak juga Asia yang masih sering dianggap ketinggalan dalam percaturan sepakbola dunia. 

BACA JUGA:Miris! Qatar Menjadi Tuan Rumah Pertama yang Tersingkir Usai Dua Laga dalam Sejarah Piala Dunia

Dari kawasan Amerika Latih tercatat tiga negara pernah merasakan gelar Piala Dunia. Brasil paling banyak; Lima kali. Yakni 1958, 1962, 1970, 1994, 2002. Lalu Uruguay dan Argentina sama-sama dua kal. Argentina di era Mario Kempes 1978 dan Diego Armando Maradona 1986. Sedangkan Uruguay sudah sangat lama sekali yakni Piala Dunia pertama 1930 dan 1950.

Eropa lebih dominan

Tercatat ada lima negara Eropa yang pernah meraih gelar Piala Dunia yakni Jerman empat kali tahun 1954, 1974, 1990 dan 2014. Italia dengan empat gelar tahun 1934, 1938, 1982 dan 2006. Prancis dua kali tahun 1998 ketika menjadi tuan rumah dan tahun 2018 di Rusia.

Disusul Inggris dan Spanyol sama-sama satu kali. Inggris juara tahun 1966 saat menjadi tuan rumah. Dan Spanyol juara tahun 2010 di Afsel. Ketika itu Spanyol masih diperkuat seniman-seniman bola semacam Xavi Hernandez, Andreas Iniesta, David Villa atau Charles Puyol. 

BACA JUGA:Piala Dunia 2022: Rangkuman Pertandingan dan Klasemen

Bagaimana Asia dan Afrika? Sampai saat ini, belum ada tim dari Asia atau Afrika yang mampu menjuarai Piala Dunia. Jangankan juara, melaju ke final pun belum pernah. Prestasi tertinggi tim Asia hanya semifinal yang dicapai Korsel pada 2002. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: