Capai Rp1,06 Miliar, Ini Pemegang Dana Desa Terbesar di Kabupaten Kaur

Capai Rp1,06 Miliar, Ini Pemegang Dana Desa Terbesar di Kabupaten Kaur

Mulyanto, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Kabupaten Kaur, saat ditemui di ruang kerjanya.--(Sumber Foto: Didit/Betv).

KAUR, BETVNEWS - Pada Februari mendatang, diperkirakan seluruh Desa sudah dapat melakukan proses pencarian Dana Desa tahap pertama, dimana saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur telah meminta agar Desa segera menuntaskan Sistem Aplikasi Keuangan Desa (Siskeudes).

Untuk diketahui untuk 2023 ini, anggaran Dana Desa di Kabupaten Kaur dari 192 Desa yang ada, jumlah keseluruhan sebesar Rp138 miliar lebih.

BACA JUGA:Dewan Kepahiang Sepakat Bentuk Pansus, Ada Apa?

Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun 2022 yang lalu, dimana besaran DD di Kabupaten Kaur Ro135 miliar lebih, atau naik berkisar 2.77 persen.

BACA JUGA:Menggiurkan! Rekrutmen BUMN Jadi Rebutan, Ternyata Segini Gajinya

Disampaikan Mulyanto, Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Kaur, bahwa DD di Kabupaten Kaur akan mulai direalisasikan pada Februari mendatang.

Sehingga saat ini, pihaknya telah mengajukan pertautan Bupati (Perbup) mengenai realisasi Dana Desa dan Anggaran Dana Desa. 

BACA JUGA:5 Ciri-ciri Seseorang yang Pandai Bersyukur, Menjadi Pandangan dalam Hidup, Cek di Sini

"Rancangan Perbup sudah diserahkan ke Bagian Hukum Sekretariat Pemkab Kaur, untuk dilakukan evaluasi dan jika tidak ada kesalahan maka akan disetujui oleh Bupati," sampai Mulyanto, Kamis 12 Januari 2023.

Akan tetapi, sebagai salah satu syarat proses pencarian Dana Desa, bahwa seluruh Pemerintah Desa diminta untuk menyelesaikan terlebih dahulu Siskeudes hingga tahap ketiga.

BACA JUGA:Usai Dibentuk, Tim Pansus Langsung Diberi Tugas

Sehingga untuk melakukan proses pencarian DD tersebut, tidak akan menemukan kendala lagi setelah semua syarat dan berkas pencarian telah dilengkapi.

BACA JUGA:Tertarik Jadi Polisi? Intip Dulu Gajinya di Sini

"Seluruh Desa di Kabupaten Kaur telah diminta untuk menyelesaikan Siskeudes, agar saat melakukan pencairan Dana Desa tidak ada kendala," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: