Irigasi Jebol, Puluhan Hektar Sawah Petani Beralih Fungsi

Irigasi Jebol, Puluhan Hektar Sawah Petani Beralih Fungsi

Petani saat menunjukkan salah satu lokasi Irigasi yang Jebol, Rabu 25 Januari 2023.--(Sumber Foto: Wisnu/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Puluhan hektare sawah milik 2 Kelompok Tani (Poktan) Sepakat dan Bakal Agung, yang berada di Desa Tanjung Seru, Kecamatan Seluma Selatan, terpaksa beralih fungsi dengan melakukan penanaman jagung, pasalnya irigasi yang menjadi sumber perairan sawah saat ini jebol atau mengalami kerusakan.

BACA JUGA:Jembatan Rusak Dihantam Banjir, Kades Surau Minta Perbaikan

Astari, Ketua Kelompok Tani Bakal Agung mengatakan, puluhan hektare sawah ini telah beralih fungsi sejak beberapa bulan lalu, dimana yang sebelumnya sawah tersebut ditanam padi, namun lantaran persoalan irigasi tersebut terpaksa beralih menanam jagung.

"Sawah ini beralih fungsi memang sudah beberapa bulan terakhir, karena memang kesulitan untuk mendapatkan air," sampai Astari, Rabu 25 Januari 2023.

BACA JUGA:3 Tersangka Kasus Korupsi BBM dan Pemeliharaan Kendaraan Dinas DPRD Seluma Ditahan Jaksa

Menurutnya, bahwa aliran irigasi yang biasanya mengaliri sawah, sekitar 50 meter lebih mengalami kerusakan (jebol) hingga alirannya tidak sampai ke area sawah mereka, yang keseluruhannya mencapai 30 hektar.

"Sebenarnya kami masih ingin menanam padi, tapi karena irigasi tersebut belum kunjung diperbaiki, sehingga tidak bisa mengairi area persawahan kami," tambahnya.

BACA JUGA:Lanjutkan Laporan Dugaan Korupsi Dana CSR di Rejang Lebong, Tarmizi Gumay Serahkan BB Tambahan ke Polda

Besar harapan para petani, agar Pemerintah segera melakukan perbaikan terhadap irigasi yang jebol tersebut, sehingga peruntukan sawah mereka bisa kembali seperti semula.

BACA JUGA:Melanggar Netralitas ASN, Pejabat Pemprov Ini Disanksi Administratif

Karena dengan irigasi tersebut sudah diperbaiki, maka dipastikan air akan kembali mengalir hingga ke sawah mereka.

"Kalau harapannya, kita berharap agar segera diperbaiki, sehingga bisa kembali melakukan penanaman padi," demikian sampainya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: