Inilah Gangguan Otak yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Alzheimer

Inilah Gangguan Otak yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Alzheimer

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Pixabay/Hainguyenrp)

BETVNEWS - Tak hanya tubuh, otak pun perlu untuk dijaga lebih baik, sebab otak yang senantiasa bekerja tersebut pun ternyata butuh untuk beristirahat. 

Dikutip dari laman halodoc.com, kesehatan otak yang baik dapat membuat manusia menyadari akan kemampuannya sendiri dan bisa mengoptimalkan fungsi kognitif, emosional, psikologis, serta perilakunya.

BACA JUGA:Hasil Sidang Etik Richard Eliezer: Tetap Jadi Anggota Polri, namun Demosi 1 Tahun 

Ada banyak faktor sosial dan biologis yang berperan penting dalam perkembangan serta kesehatan otak dari pra-konsepsi hingga akhir kehidupan manusia. 

Faktor-faktor penentu itu berpengaruh pada cara otak berkembang, beradaptasi, hingga merespons stres terlebih bila mengalami kesulitan yang dihadapi semasa hidup. 

BACA JUGA:Dinas Dukcapil Buka Layanan Buat KTP Digital, Syaratnya Mudah

Bila tidak dijaga baik, akan banyak sekali gangguan dan penyakit yang dapat berdampak buruk pada kesehatan otak. Berikut ini beberapa penyakit di antaranya:

1. Alzheimer

Alzheimer adalah suatu demensia yang berpengaruh pada memori, pemikiran, dan juga perilaku pengidapnya.

BACA JUGA:Makan Malam dengan Tumis Ikan Patin Pedas yang Menggugah Selera, Simak Resepnya di Sini!

Kondisi ini ditandai pada kehilangan memori, tampak kebingungan, tidak mampu mempelajari hal-hal baru, kesulitan komunikasi dan berbahasa, bahkan persoalan tentang mengatasi situasi baru.

2. Skizofrenia

BACA JUGA:3 Ide Olahan Berbahan Telur yang Lezat dan Mudah Dibuat

Skizofrenia ialah gangguan pada otak kronis dan dapat menyebabkan pengidapnya alami delusi, halusinasi, bicara tak teratur, masalah pada pemikiran, serta kurangnya motivasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: