Ratusan Masyarakat Adat Ikuti Rakernas AMAN ke-VII di Rejang Lebong

Ratusan Masyarakat Adat Ikuti Rakernas AMAN ke-VII di Rejang Lebong

Rapat Kerja Nasional Aliansi Masyarakat Adat (Rakernas AMAN) ke VII yang digelar di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu resmi dibuka oleh Bupati Syamsul Effendi , di Balai Raya Pat Petulai, Jumat 17 Maret 2023.--(Sumber Foto: Daman/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Rapat Kerja Nasional Aliansi Masyarakat Adat (Rakernas AMAN)  ke VII yang digelar di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu resmi dibuka oleh Bupati Syamsul Effendi , di Balai Raya Pat Petulai, Jumat 17 Maret 2023.

BACA JUGA: 1 Anggota Polres Rejang Lebong Dipecat Tidak Hormat, Terlibat Kasus Narkoba

"Pertama kita bersyukur dan mengucapkan terimakasih Rakernas ini bisa digelar di Rejang Lebong. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini tentunya menjadikan moment Rejang Lebong di kenal masyarakat nusantara," kata Bupati Rejang Lebong.

BACA JUGA:Longsor, Jalan Curup - Lubuk Linggau Lumpuh

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Kirab Budaya Perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN) ke 24, dari titik start di Lapangan Setia Negara.

Ketua Dewan Masyarakat Adat Nasional (DAMANNAS) Abdon Nababan mengucapkan terimakasih atas digelarnya Rakernas dan HKMAN yang mendapat dukungan pemerintah daerah dan warga masyarakat Kutei Lubuk Kembang, Kecamatan Curup Utara. Mereka menyambut baik kedatangan masyarakat adat yang telah berdiri sejak 24 tahun lalu itu.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, BPBD Rejang Lebong Ingatkan Warga Titik Rawan Bencana

"Dimulai dari tahun 1999, dengan demikian sudah cukup panjang perjuangan Masyarakat Adat Nusantara meningkatkan pengakuan dan penghormatan dari Negara," ujarnya.

Menurutnya pemilihan Kabupaten Rejang Lebong sebagai tuan rumah Rakernas sangatlah tepat, karena Rejang Lebong memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat yang terbit 2018 lalu.

BACA JUGA:Diduga Ada Pihak Lain Terlibat Korupsi DD Lubuk Tanjung

Senada, Sekjen AMAN, Rukka Sombolinggi juga mengapresiasi Rakernas di Kabupaten Rejang Lebong. Ia mengatakan hasil Rakernas akan terbentuk kerangka acuan program AMAN 5 tahun kedepan.

"Kami senang Rakernas tahun ini di Rejang Lebong, karena masyarakat adat sudah diakui dan kami merasa seperti berada dirumah sendiri" ujar Rukka. 

BACA JUGA:Tersisa 100 Keping, Blanko E-KTP Terancam Kembali Kosong

Bupati usai membuka Rakernas yang ditandai pemukulan gong di Pendopo Balai Raya Pat Petulai mengucapkan terimakasih kepada AMAN yang telah menggelar hajatan nasional di Kabupaten Rejang Lebong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: