Pemprov Bengkulu Dorong Potensi Laut Lewat Blue Halo S

Pemprov Bengkulu Dorong Potensi Laut Lewat Blue Halo S

Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Nandar Munadi mengatakan bahwa potensi kelautan Bengkulu harus terus dijaga. Dengan garis pantai sepanjang 525 KM, menurutnya, jelas menyimpan kekayaan sumber daya laut yang luar biasa.--(Sumber Foto: Media Center Provinsi Bengkulu)

BENGKULU, BETVNEWS - Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Nandar Munadi mengatakan bahwa potensi kelautan Bengkulu harus terus dijaga. Dengan garis pantai sepanjang 525 KM, menurutnya, jelas menyimpan kekayaan sumber daya laut yang luar biasa.

BACA JUGA:Majelis Dai, Satukan Bangsa Melalui Dakwah Islamiyah

Hal ini disampaikannya pada Focus Group Discussion (FGD) Dalam Rangka Kunjungan Lapangan untuk Mendukung Penyusunan Kajian Desain Mekanisme Hibah Konservasi Alam dan Perikanan Lestari (Blue Halo S) di ruang Pola Pemprov Bengkulu, Kamis (8/6/2023).

BACA JUGA:Majelis Dai, Satukan Bangsa Melalui Dakwah Islamiyah

Blue Halo S sendiri merupakan pendekatan yang terintegrasi dan komprehensif untuk mengelola konservasi sumber daya alam kelautan dan perikanan, termasuk di dalamnya lingkaran ekologi dan ekonomi antara produksi dan perlindungan laut.

"Potensi laut kita kan luar bisa baik itu di bidang perikanan, pariwisata untuk perhubungan ini harus kita jaga, makanya ini sangat diperlukan," jelas Nandar.

BACA JUGA:Investor Korsel Tertarik Investasi di Bengkulu, Sektor Ini yang Diminati

Ia pun mencontohkan salah satu potensi perikanan di Provinsi Bengkulu di antaranya di Kabupaten Kaur adalah Gurita, di mana ekosistem Gurita ini berada di terumbu karang, kalau terumbu karangnya rusak maka potensi Gurita akan berkurang dan ini juga akan berdampak pada hasil nelayan.

BACA JUGA:PKK Sebagai Garda Terdepan Ciptakan Keluarga Berkualitas

Pemerintah Provinsi Bengkulu sendiri tambah Nandar terus berupaya untuk mendukung program pemerintah khususnya dalam menjaga dan  mengangkat potensi kelautan di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Pemerintah Provinsi Bengkulu Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

"Tentunya ini akan ditindaklanjuti oleh Dinas Kelautan Perikanan, karena ini bentuk dukungan kita terhadap program pusat nanti ditindaklanjuti oleh Dinas Perikanan Provinsi, seperti apa yang di amanahkan oleh Pemerintah Pusat untuk menyelamatkan biota laut maupun potensi kelautan di Bengkulu nanti silahkan di tindak lanjuti oleh Dinas Perikanan," jelas Nandar.

BACA JUGA:Dampingi Gubernur Berikan Bantuan ke Masjid di Bengkulu Utara, Sujono: Terimakasih Gubernur

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Syafriandi mengungkapkan bahwa Blue Halo S ini adalah perlindungan dan peningkatan kesejahteraan dengan memanfaatkan ruang laut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: