dempo

Harga TBS Sawit September 2023 di Bengkulu Turun Tipis Rp10 per Kilogram

Harga TBS Sawit September 2023 di Bengkulu Turun Tipis Rp10 per Kilogram

Kepala Sub Koordinator Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan ( PPHP) Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Yuhan Syahmeri, SP,.MP.--(Sumber Foto: Robi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Rapat kesepakatan penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit pada Kamis 31 Agustus 2023 dilakukan berdasarkan kesepakatan yang digelar tim penetapan di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Kadin, GAPKI dan APKASINDO.

BACA JUGA:Balap Motor Langsir Sawit Meriahkan HUT RI Ke-78, Hanya Ada di Lunjuk Seluma

Untuk diketahui, kesepakatan penetapan harga TBS kelapa sawit ini dilakukan dua kali dalam satu bulan dimana melalui rapat tatap muka dan berdasarkan invoice-invoice dari Pabrik Kelapa Sawit.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Rosmala Dewi melalui Kepala Sub Koordinator Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan ( PPHP) Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Yuhan Syahmeri, SP,.MP.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Naik, Tertinggi Rp1.810 per Kilogram

"Alhamdullliah kita yang terdiri dari lima unsur yakni,  Plt Kadis DTPHP Sebagai fasilitator, kabid Perkebunan, KADIN, GAPKI, dan APKASINDO telah sepakat menetapkan harga TBS bulan September dengan harga Rp. 2.307,38 dimana harga ini mengalami sedikit penurunan dan tidak terlalu signifikan bila di bandingakan dengan harga TBS bulan Agustus yaitu,  Rp.2.317,38  atau hanya mengalami penurunan 10 rupiah saja," sampai Yuhan Kepada BETVNEWS Kamis 31 Agustus, 2023.

BACA JUGA:Sikapi Harga TBS Turun Signifikan, DPRD Bengkulu Utara Panggil Sejumlah Pihak Terkait

Penetapan harga TBS kelapa sawit produksi pekebun berpedoman pada Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia, Nomor 01/PERMENTAN/KB.120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun yang bertujuan memberikan perlindungan kepada pekebun dalam memperoleh harga wajar TBS dan Membatasi persaingan usaha yang tidak sehat antar perusahaan perkebunan.

BACA JUGA:Cek Harga TBS Sawit di Bengkulu Selatan, Terbaru Hari Ini

Adapun menurut Yuhan penyebab turunnya harga ini bukan karena faktor melimpahnya buah TBS ataupun sentimen harga global. Namun, karena indek K yang sedang turun.

BACA JUGA:2 Pabrik Sawit di Bengkulu Tengah Kembali Beroperasi, Harga TBS Pasca Lebaran Rp2.233 per Kg

"Penurunan harga ini bukan karena faktor melimpahnya buah TBS ataupun sentimen harga global. Namun, karena indek K yang sedang turun, Beberapa komponen indek K tersebut adalah Biaya Umum dan Lingkungan yang harus dikeluarkan PKS," tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: