600 Hektar Lahan Sawah di Provinsi Bengkulu Alami Kekeringan

600 Hektar Lahan Sawah di Provinsi Bengkulu Alami Kekeringan

Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas TPHP (Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan) Provinsi Bengkulu, Rosmala Dewi.--(Sumber Foto: Ahmad/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS.COM - Kemarau yang terjadi beberapa bulan terakhir, serta kondisi El Nino yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, termasuk BENGKULU, membuat beberapa lahan pertanian terutama padi mengalami kekeringan.


Lahan pertanian terutama padi mengalami kekeringan karena musim kemarau dan El Nino--(Sumber Foto: Ahmad/BETV)

BACA JUGA:Kekeringan 50 Hektar Sawah di Seluma, Dinas TPHP Bengkulu Beri Bantuan Pompa Air

Dari data yang dimilik oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian (TPHP ) Provinsi Bengkulu dari total 41 ribu hektar (Ha) luas lahan pertanian di Provinsi Bengkulu, terdapat 600 hektar lahan yang mengalami kekeringan.

BACA JUGA:Irigasi Rusak, Ratusan Hektar Sawah di Bengkulu Tengah Kekeringan, Tak Bisa Ditanami Padi

Serta berpotensi mengurangi hasil panen sebanyak 10 ton/600 hektar lahan yang berada di Kabupaten Seluma dan Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Kekeringan 50 Hektar Sawah di Seluma, Dinas TPHP Bengkulu Beri Bantuan Pompa Air

Untuk itu Dinas TPHP Provinsi Bengkulu sudah menyalurkan bantuan berupa pompa air bagi petani yang terdampak tersebut, salah satunya di Desa Sukaraja Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Tempo Sehari, Lima lahan di Kota bengkulu Terbakar

" Untuk di Seluma sendiri, beberapa waktu lalu tepatnya di Desa Sukaraja,Sebagai langkah antisipasi, kami sudah menyalurkan pompa-pompa dan juga pipa yang dapat digunakan oleh para petani untuk mengairi persawahan," kata Rosmala Dewi Plt Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu (Senin 4 September 2023).

BACA JUGA:Dinas TPHP Bengkulu Ciptakan Inovasi Mobile Water Pall, Mudahkan Petani Mengairi Lahan Sawah

Selain menyalurkan pompa air kepada wilayah yang mengalami kekeringan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu juga terus mendorong brigade alsintan yang ada di wilayah-wilayah kabupaten lainya untuk menangani masalah kekeringan ini, seperti di Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Usulkan Kawasan Persawahan Danau Dendam Menjadi Lokasi Agrowisata

"Bengkulu Selatan juga mengalami kekeringan, tapi Alhamdulillah kita masih bisa mengerahkan Brigade Alsintan provinsi Bengkulu yang ada disana, dengan menggunakan alat alsintan kita yang ada disana, pompa dan lain-lain," tambah Rosmala.

BACA JUGA:Dewan Ikut Serahkan Kendaraan Pengangkut Sampah ke Warga Sawah Lebar

Sementara itu diketahui terdapat 3 Kabupaten yang masuk dalam zona kuning, dan hijau yakni Kota Bengkulu, Rejang lebong, Lebong.

BACA JUGA:Rapat Evaluasi Bidang Perkebunan, Dinas TPHP: Sanksi Mengintai Bagi PKS Tidak Patuh

Ketiga wilayah ini masuk kategori aman dari kekeringan lahan sawah akibat musim kemarau dan El Nino yang melanda.

(ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: