Provinsi Bengkulu Akan Miliki Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno

Provinsi Bengkulu Akan Miliki Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan membangun Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno di Bengkulu. Hal ini disampaikan dalam Seminar Nasional oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu dengan tema Storyline Diorama Internas--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan membangun Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno di Bengkulu. Hal ini disampaikan dalam Seminar Nasional oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu dengan tema Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno, 29 September 2023.

BACA JUGA:Gubernur Usul ke Pusat, Bangun Diorama Fatmawati Soekarno di Bengkulu, Jejak Sejarah dalam Arsip Visual

Dalam penyusunan Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno, Pemerintah Provinsi Bengkulu menggandeng guru besar ilmu sejarah Universitas Pajajaran Prof. Dr. Nina Herlina, M.Si juga sebagai ketua tim. 

Seminar ini juga mengundang narasumber dari berbagai kapangan mulai dari akademisi dari beberapa perguruan tinggi, sejarawan, tokoh Bengkulu, Yayasan Fatmawati Soekarno dan lainnya.BACA JUGA:Gedung Perpustakaan Daerah Seluma Dilaunching Desember 2023

Ketua Tim penyusun Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno, Prof. Dr. Nina Herlina, M.Si memaparkan, pertama alasan memilih nama Storyline Diorama Internasional Fatmawati Soekarno karna lebih dinamis dan menarik minat anak mudah untuk mengetahui karena selama ini museum terkenal dengan benda-benda lama yang sudah tak digunakan.

BACA JUGA:Ironi Mobil Perpustakaan Keliling Kabupaten Kaur Berhenti Beroperasi, Sudah Berbulan-bulan

Kemudian Internasional karena Bengkulu pada zaman pejajah pernah berjaya dan dikunjungan dari berbagai negara mulai Inggris, Portugis dan Belanda. Selain itu, jejak Fatmawatu juga bukan hanya sekedar biografi tetapi jejak sejarah seorang pejuang kemerdekaan dan menjadi penjahit bendera merah putih. 

BACA JUGA:Sapras Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Ramah pada Kelompok Rentan

"Storyline diorama Internasinal Fatmawati Soekarno juga akan dibangun dengan terintergrasi karena tidak hanya sejarah tetapi juga apa yang menarik dari Bengkulu akan di tampil karena ada banyak hal yang menjadi alasan negara lain untuk datang ke Bengkulu sehingga Bengkulu kembali mendunia," sampai Prof. Nina.

BACA JUGA:Optimis! Targetkan Pengelolaan Kearsipan dan Perpustakaan Optimal

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd menyampaikan, tujuan penyusunan rencana Storyline diorama Internasinal Fatmawati Soekarno yang akan dibangun di Bengkulu untuk mengingatkan sejarah  Bengkulu di Nasional dan Internasional. 

"Selain mengarsipkan sejarah perjalanan ibu Fatmawati juga menjadi tujuan destinasi sejarah baik Nasional dan Internasional," pungkas Meri.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: