Sambut Hari Peringatan 10 Oktober Sedunia, Ini 7 Cara Tingkatkan Kesehatan Mental pada Diri

Sambut Hari Peringatan 10 Oktober Sedunia, Ini 7 Cara Tingkatkan Kesehatan Mental pada Diri

Ilustrasi. Cara untuk tingkatkan kesehatan mental pada diri.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Tepat pada hari ini 10 Oktober 2023, diperingati sebagai hari Kesehatan Mental Sedunia. 

Secara langsung diinisiasi oleh lembaga kesehatan dunia yang bernama World Faderation of Mental Health (WFMH) sejak tahun 1992.

Hari peringatan ini juga dikenal dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, pasalnya peringatan tersebut menyangkut dengan permasalahan mental pada setiap orang.

BACA JUGA:4 Manfaat Stres Ini Masih Jarang Diketahui, Baik untuk Kesehatan Fisik Maupun Mental

Dilansir dari detikjabar, sesuai dengan Riset Dasar (Riskesdas) 2018, ada 19 juta lebih masyarakat yang telah mengalami gangguan mental emosial dan usianya di atas 15 tahun.

Tak hanya itu, satu dari tiga remaja yang ada di Indonesia telah mengalami gangguan kesehatan mental ini, hal ini berdasarkan catatan Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey 2022.

Sehingga bukan tanpa alasan peringatan ini ada, karena bertujuan untuk dapat menambah kesadaran serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental.

BACA JUGA:Kenali Makna dan Gejala Pedophobia, Mempengaruhi Kesehatan Mental

Dikutip dari halodoc, kesehatan mental atau kesehatan jiwa merupakan suatu kondisi kesehatan yang berkenaan dengan emosi, kejiwaan, hingga psikis seseorang.

Kesehatan mental ini tidak hanya mengacu kepada kesejahteraan emosional saja, tetapi juga terkait seseorang yang berpikir dan berperilaku.

Setidaknya ada 7 cara untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang, tujuannya agar orang tersebut kembali bersemangat menjalani aktiviras sehari-hari.

BACA JUGA:Ini 6 Bahaya Saat Tidur Berlebihan, Salah Satunya Gangguan Mental

Dengan begitu, kamu dapat menjalani aktivitas seperti biasanya dengan melakukan beberapa cara ini.

Mental dan jiwa seseorang yang sehat dapat diciptakan serta ditingkatkan. Melansir beberapa sumber, simak penjelasan berikut, kamu bisa mengetahui tips untuk membuat diri semakin lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: