dempo

Ternyata Ampuh Redakan Radang Prostat hingga Menyegarkan Pernapasan, Ini 10 Manfaat Daun Siri untuk Kesehatan

Ternyata Ampuh Redakan Radang Prostat hingga Menyegarkan Pernapasan, Ini 10 Manfaat Daun Siri untuk Kesehatan

Ilustrasi. 10 manfaat daun siri untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Web/HNI Pioneer)

4. Menjaga kesehatan area kewanitaan

Manfaat daun siri selanjutnya adalah dapat menghilangkan gatal pada daerah kewanitaan. Hal ini karena kandungan antibakteri yang terdapat pada daun siri mampu mengusir bakteri di daerah kewanitaan.

BACA JUGA:Memiliki Rasa yang Pahit, Namun Jitu Menurunkan Kolesterol dan Kanker, Inilah 6 Manfaat Bunga Pepaya Lainnya

Caranya cukup menggunakan beberapa lembar daun sisi, kemudian direbus dan air dari rebusan daun siri tersebut dikonsumsi sebagai minuman.

Hal ini sudah dilakukan penelitian oleh The Malaysian Journal of Nursing (MJN). Di samping itu, air rebusan daun siri juga dapat digunakan untuk maembasuh daerah luar kewanitaan. Namun, jika penggunaan daun siri tidak dapat menyembuhkan rasa gatal pada daerah kewanitaan maka segera periksakan ke doktor.

BACA JUGA:Bukan Rempah Biasa! Ini 10 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Bikin Awet Muda Loh

5. Mencegah diabetes

Kandungan molekul aktif tanninsi dan alkaloid yang terdapat pada daun siri dapt menurunkan kadar glukosa darah karena dapat menghambat penyerapan glukosa pada usus hingga mengurangi rekiso kencing manis. Hal ini telah dibuktikan dengan dilakukan penelitian oleh Studi dalam Drug Invention Today.

6. Mempercepat proses penyembuhan luka

Sifat antidiabetes, antioksidan dan antimikroba pada siri dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Hal tersebut tentu saja sangat bermanfaat untuk penderita diabetes yang cenderung susah menyembuhkan luka.

BACA JUGA:Ampuh Pudarkan Bekas Luka hingga Menjaga Kekuatan Tulang, Ini 10 Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan

Selain itu, sudah dilakukan penelitian terkait hal tersebut melalui Journal of Ayurveda and Integrative Medicine dengan kesimpulan tanaman herbal ini bekerja dengan menurunkan stres oksidatif dalam tubuh yang memengaruhi proses penyembuhan luka.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Selain dapat mengobati luka dengan cepat, daun siri juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena daun siri memiliki kandungan eugenol yang dapat menghambat jumlah produksi kolesterol dari hati. Tidak hanya itu, mengkonsumsi daun siri dapat mengurangi total lemak yang diserap oleh usus.

BACA JUGA:Ternyata Bisa Jadi Pembalut Luka, Ini 5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Cek Kandungannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: