Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan, Nomor 4 Sangat Dibutuhkan Tubuh

Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan, Nomor 4 Sangat Dibutuhkan Tubuh

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan teh bunga telang untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Web/DokterSehat)

BETVNEWS - Sudah tahukah tumbuhan bunga telang? Diketahui tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Dengan nama ilmiah Clitoria ternatea, bunga telang ternyata bisa diseduh menjadi teh.

Kabarnya tumbuhan ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Memiliki bentuk seperti corong dan warna biru keunguan serta ada pula warna putih.

BACA JUGA:Ampuh Redakan Nyeri Saat Haid, Ini Manfaat Lain Teh Bunga Chamomile untuk Kesehatan, Cek Kandungannya di Sini!

Tidak heran jika bunga telang bisa menjadi obat herbal yang dapat menjadi solusi dalam kesehatan. Bahkan bisa menjadi pewarna bagi makanan atau minuman, kosmetik, sabun, kosmetik, insektisida, hingga pekan ternak.

Selain itu, terdapat kandungan dari tanaman bunga telang seperti vitamin C, B1, B2, dengan senyawa aktif bersifat antioksida (flavonoid, kaemphferol, p-Coumaric acid, dan delphinidin). Meskipun cantik, diketahui bunga ini memiliki rasa pahit. Hanya saja kamu bisa membuatnya manis dengan menggunakan pemanis alami dan diracik tepat.

BACA JUGA:Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi Baik, Ini Sederet Manfaat Daun Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Masih banyak yang belum tahu tentang manfaat dari bunga ini. Hanya saja diketahui bunga tersebut berumur pendek, tumbuh dengan cepat, dan tumbuh sampai sekitar 2,5 meter.

Lantas apa saja manfaat teh bunga telang untuk kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Cegah Ketombe hingga Atasi Rontok, Begini Cara Menggunakan Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan Rambut

1. Dapat redakan gejala asma

Diketahui bunga telang bisa mengobati asma, beberapa penelitian sudah membuktikan keefektifan bunga ini yang dapat menjadi obat alami untuk penyakit asma, sebab tak menimbulkan elergi ketika dikonsumsi.

Selain itu, studi di International Journal of Pharmaceutical Science and Research menyebutkan bahwa kandungan antioksidan dan antiastmatik ekstrak etanol dari akar bunga ini menunjukkan adanya perlindungan yang signifikan alergi.

BACA JUGA:Cek 6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan di Sini! Coba Rutinkan Minum Ini Auto Peforma Kerja Makin Meningkat

2. Membantu dalam menjaga kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: