Bupati Kepahiang Pimpin Upacara Peringatan HUT PGRI ke-78 dan HGN 2023

Bupati Kepahiang Pimpin Upacara Peringatan HUT PGRI ke-78 dan HGN 2023

Upacara peringatan HUT PGRI yang ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 digelar di gedung sekretariat baru dengan semangat transformasi guru wujud Indonesia maju, pada Kamis 23 November 2023. --(Sumber Foto: Hendri/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Upacara peringatan HUT PGRI yang ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023  digelar di gedung sekretariat baru dengan semangat transformasi Guru wujud Indonesia maju, pada Kamis 23 November 2023. 

Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Hidayatullah Sjahid dan diikuti seluruh guru se-Kabupaten Kepahiang serta Forkopimda. 

Dalam amanatnya Bupati menyampaikan PGRI sebagai organisasi profesi guru, pendidik, dan tenaga kependidikan telah tumbuh menjadi kekuatan moral intelektual dalam memperjuangkan peningkatan harkat martabat anggotanya. 

BACA JUGA:Gerbek Sawah di Desa Muning Agung, Petani Keluhkan Pupuk hingga Alsintan

"Kini, PGRI harus lebih mengedepankan sikap inklusif, dialogis dengan memegang teguh etika, saling menghormati dalam spirit organisasi yang mandiri, unitaristik, dan non-partisan, PGRI terus menjaga kemitraan yang strategis dan konstruktif dengan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dan menjadi wadah aspirasi para anggotanya dalam meningkatkan harkat martabat guru untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional," kata Bupati. 

BACA JUGA:Reses Sujono di Bengkulu Tengah, Masyarakat Ucapkan Terima Kasih dan Sampaikan Harapan

Ditambahkan lagi, dalam proses pendidikan, guru menjadi aktor utama dan penting yang memainkan peran strategis. Kedudukan terhormat yang dimiliki para pejabat di lembaga legislatif maupun eksekutif, tentu tidak terlepas dari peran dan jasa guru.

"Pasca pandemi hikmah terpenting yang dapat dipetik adalah peran guru tidak akan pernah tergantikan teknologi. Guru merupakan profesi yang menjadi suluh terbaik agar anak bangsa dapat terus berjalan menuju arah yang mereka cita-citakan," tambah Bupati.

BACA JUGA:Konser Amal Bengkulu Peduli Palestina Kumpulkan Donasi Rp100 Juta

PGRI berada pada situasi dan zaman yang telah berubah. Pengurus dan anggota PGRI di semua tingkatan harus adaptif dalam merespon segala perubahan dengan saling belajar dan berbagi dengan sesama guru. 

"Akhirnya, saya mengucapkan selamat HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 kepada para guru di seluruh tanah air. Semoga dedikasi, loyalitas, dan pengabdian para guru, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi suluh penerang bagi bangsa, negara, dan kemanusiaan, serta sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju," ujarnya.

BACA JUGA:Elisa Ermasari Pengusaha Muda, Terinspirasi Dempo Xler Politikus Muda

Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh guru yang ada di Kabupaten Kepahiang yang saat ini telah memiliki gedung tersendiri dan sudah dapat melaksanakan upacara untuk pertama kalinya dalam peringatan HUT PGRI maupun Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: