Kamu Berkali-kali Sendawa? Bisa Jadi Penyebabnya Karena 8 Hal Ini, Salah Satunya Dispepsia

Kamu Berkali-kali Sendawa? Bisa Jadi Penyebabnya Karena 8 Hal Ini, Salah Satunya Dispepsia

Ilustrasi. Ini 8 Penyebab munculnya sendawa berulang kali, salah satunya dispepsia., --(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Tahukah kamu bahwa terdapat penyebab yang membuat sendawa tak kunjung reda atau terjadi berulang kali. Setidaknya ada 8 hal yang bisa jadi menjadi sebab munculnya sendawa.

Tentu tidak sedikit dari kita mengalami sendawa berulang kali dan ada yang merasa terganggu dengan hal tersebut. Diketahui beberapa faktor berikut ini mempengaruhi munculnya sendawa seperti dispepsia, aerofhagia, hingga sorbitol.

Meskipun termasuk hal ringan, tentu saja kamu perlu mengetahui informasi berikut. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa mencoba melakukan perubahan gaya hidup, konsumsi bahan alami atau juga meminum obat-obatan.

BACA JUGA:Sudah Tahu? Ini 5 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Ampuh Lancarkan Pencernaan hingga Turunkan Berat Badan

Adapun penyebab kamu mengalami sendawa secara berulang atau terus menerus, dilansir dari sehatq.com yakni:

1. Dispepsia

Dispepsia atau dikenal dengan maag adalah suatu gangguan pencernaan akibat perut bagian atas terasa sakit dan juga tidak nyaman sebab produksi asam lambung yang berlebih. Selain dapat membuatmu sendawa terus-menerus, kamu juga bisa alami kembung, mual, hingga muntah.

Gejala dispepsia ini bisa diatasi melalui perubahan gaya hidup. Misal dengan menghindari makanan pemicunya seperti gorengan, cokelat, bawang-bawangan, pengganti soda dengan air putih, hingga kurangi konsumsi kafein dan alkohol.

BACA JUGA:Cek 6 Manfaat Minum Teh Jahe untuk Kesehatan, Diduga Ampuh Atasi Perut Kembung hingga Meningkatkan Sistem Imun

Bila gejalanya sudah semakin parah dan sering muncul, obat-obatan yang bisa direkomendasikan dokter adalah antasida, antagonis H2, penghambat pompa proton, hingga prokinetik.

2. Aerofagia

Aerofagia ialah kondisi di mana seseorang sering atau terbiasa menelan udara, baik secara sadar ataupun tidak sadar. Penyebabnya belum diketahui hingga kini, hanya saja biasanya dipicu dari makan dan minum yang terlalu cepat, bisa juga karena mengunyah permen karet.

Meskipun belum ada obat dan juga prosedur yang dapat menyembuhkan aerofagia. Hanya saja, kondisi itu bisa diredakan dengan cara meninggalkan kebiasaan yang membuatmu menelan banyak udara.

BACA JUGA:Mengenal 5 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Mengatasi Kolesterol hingga Nyeri Haid!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: