dempo

Ini 8 Manfaat Air Putih Hangat untuk Kesehatan, Dapat Meredakan Batuk Berdahak

Ini 8 Manfaat Air Putih Hangat untuk Kesehatan, Dapat Meredakan Batuk Berdahak

Ilustrasi. Manfaat minum air putih hangat untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Pixabay)

Manfaat dari minum air hangat kala pagi diketahui dapat meredakan hidung tersumbat, khususnya untuk seseorang yang lagi flu atau pilek.  Sebab, air hangat tersebut dapat menghasilkan uap yang bisa dihirup. Sehingga uap ini mampu mencairkan lendir pada hidung dan juga melegakan pernapasan.

Kemudian, uap air hangat juga bisa merilekskan otot di rongga sinus, di mana ada ruang kosong yang berisi udara pada wajah.  Untuk itu, lendir ikut terperangkap di dalamnya dan selanjutnya bisa lebih mudah keluar lalu merasakan penuh di wajah, khususnya di bagian bawah mata, dapat diredakan.

BACA JUGA:Ternyata Minum Segelas Teh Jahe Ampuh Redakan Nyeri Haid, Cek Manfaat Lainnya di Sini! Baik untuk Kesehatan

3. Mengatasi sembelit

Selain meredakan hidung tersumbat, manfaat dari minum air hangat di pagi hari juga dapat mengatasi sembelit. 

Kondisi tersebut biasanya disebabkan karena kekurangan suatu caian pada saluran cerna. Perlu untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sehingga kamu dapat mengonsumsi air hangat, dan juga melunakkan feses serta membuatnya lebih gampang dikeluarkan.

4. Mengatasi kedinginan

Tidak jarang seseorang akan merespons secara alami tubuh, ketika sedang mengalami kedinginan. Respons yang diberikan tentu saja seperti menggigil dan juga menggeretakkan gigi. 

Hal tersebut umum terjadi, sehingga dengan minum air hangat bisa mengurangi respons tubuh yang seperti itu setelah bangun tidur, terutama ketika cuaca sedang sangat dingin.

BACA JUGA:Tidak Hanya Air Putih, Sederet Minuman Ini Ampuh Menjaga Ginjal Tetap Sehat, Apa Saja?

5. Mencegah dehidrasi

Tak hanya itu saja, dengan minum air dalam suhu apa pun bisa membantu tubuh tetap merasa terhidrasi. Terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, serta orang yang sering melakukan kegiatan di bawah paparan sinar matahari langsung. 

Sehingga, diperlukan minum air putih usai bangun tidur kala pagi hari, supaya kebutuhan cairan tubuh tetap tercukupi sebelum memulai aktivitas.

6. Meningkatkan fungsi sistem saraf

Bila kamu kekurangan minum air putih, hal tersebut dapat berdampak negatif pada sistem saraf dan akan memengaruhi fungsi otak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: