Cegah Banjir dan Longsor, Kodim 0425/Seluma Tanam Ratusan Pohon di Bantaran Sungai

Cegah Banjir dan Longsor, Kodim 0425/Seluma Tanam Ratusan Pohon di Bantaran Sungai

Kodim 0425/Seluma melakukan penanaman ratusan pohon di bantaran sungai Desa Padang Merbau Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma, pada Senin 15 Januari 2024.--(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kodim 0425/Seluma melakukan penanaman ratusan pohon di bantaran sungai Desa Padang Merbau Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma, pada Senin 15 Januari 2024.

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolsek Seluma, Dinas Perikanan Seluma, anggota DPRD Seluma, Camat Seluma, masyarakat dan pihak terkait lainnya.

 BACA JUGA:Update Longsor Liku Sembilan: Sistem Buka Tutup Jalan Masih Diterapkan, Kendaraan Roda Enam Dilarang Melintas

Dandim 0425/Seluma, Letkol Arh Deddy Hendaryatmoko menyampaikan, penanaman 500 batang pohon ini merupakan kegiatan perpanjangan tangan surat telegram Pangdam II/Sriwijaya Nomor 223/2023 tentang Penanaman Pohon Mangrove Nasional secara serentak di wilayah pesisir dan aliran sungai.

Adapun 500 pohon tersebut terdiri dari pohon pinang 100 batang, ketapang 200 batang, petai 75 batang, cemara 75 batang, alpukat 25 batang, dan durian 25 batang.

BACA JUGA:Rawan Longsor, Edwar Samsi Minta BPJN Bengkulu Rutin Patroli di Jalan Nasional Liku 9  

"Kegiatan hari ini merupakan kegiatan penanaman Pohon Mangrove Nasional secara serentak di wilayah pesisir dan aliran sungai, yang diperintahkan oleh Pangdam II/Sriwijaya," ungkap Dandim 0425/Seluma.

BACA JUGA:Viral Komplotan Pencuri Naik Mobil Kuning Beraksi di Bengkulu, 3 Pelaku Berhasil Diringkus

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan ratusan pohon tersebut telah selesai dilakukan penanaman di bantaran sungai.

BACA JUGA:Bangkitkan Minat Baca, Penggiat Literasi di Seluma Buka Lapak Baca Buku Gratis

Maka dari itu ia berharap dengan adanya kegiatan ini, kedepannya wilayah Kabupaten Seluma mendapatkan ekosistem yang baru. Sehingga bisa memberikan banyak manfaat keseimbangan lingkungan hidup.

Selain itu, penanaman pohon juga diharapkan dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor.

BACA JUGA:1.100 Mangrove dan Pinus Ditanam di Kawasan Pelabuhan Pulau Baai

"Harapannya Kabupaten Seluma mendapatkan ekosistem yang baru, dan juga mencegah agar tidak adanya bencana banjir dan longsor di kemudian hari," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: