H-1 Pencoblosan Pemilu 2024, Pembayaran Gaji Honorer Pemprov Bengkulu Dikebut

H-1 Pencoblosan Pemilu 2024, Pembayaran Gaji Honorer Pemprov Bengkulu Dikebut

Kepala Bidang (Kabid) Anggaran Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Rizqi Al Fadli, S.IP, M.Si pada Selasa 13 Februari 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Menjelang hari pencoblosan pemilihan umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari tahun 2024, gaji honorer atau Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu yang sempat tertunda untuk bulan Januari dibayar tuntas.

"Per siang ini seluruhnya kita dipastikan sudah gajian semua sebelum hari pemilihan umum besok," kata Kepala Bidang (Kabid) Anggaran Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Rizqi Al Fadli, S.IP, M.Si pada Selasa 13 Februari 2024.

BACA JUGA:KPU Pastikan 103.832 Surat Suara Rusak di Provinsi Bengkulu Dimusnahkan

Ia mengatakan, pencairan gaji honorer untuk bulan Januari 2024 telah mulai diajukan sejak Jumat 9 Februari 2024 dan Senin kemarin mulai dibayarkan. Sehingga tersisa 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum dan sekarang masih dalam proses.

"Ada 8 OPD yang belum pencairan. Tetapi siang ini dipastikan tuntas seluruh sudah gajian," ungkapnya.

BACA JUGA:Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Dinkes Seluma Siagakan Nakes di Setiap TPS

Ia menjelaskan, keterlambatan pembayaran gaji honorer untuk bulan Januari 2024 karena proses administrasi seperti ada penguatan ulang dan pembaruan SK dan proses lainnya. Selain itu, sistem keuangan juga menjadi kendala karena masih menyesuaikan.

"Menurut saya belum terlalu terlambat karena ada proses pengangkatan ulang seperti SK baru dan lainnya," ujar Rizqi.

BACA JUGA:Dipanggil Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Fiskal Stunting, Ini Tanggapan Kepala BKD Seluma

Sementara itu, untuk gaji bulan Februari 2024 bagi honorer Pemprov Bengkulu bisa diajukan kembali sekitar tanggal 20 Februari 2034 ini. Rata-rata gaji honorer atau THP Pemprov Bengkulu Rp1,5 juta sampai Rp2 juta.

BACA JUGA:H-1 Pencoblosan, KPU Kota Bengkulu Distribusi Logistik Pemilu 2024

Diketahui berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu jumlah pegawai non ASN di Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2023, terverifikasi sebanyak 4.719 orang, yang sudah lulus PPPK penerimaan tahun 2023 sebanyak 678 orang, sehingga menyisakan sekitar 4.041 orang tersebar di seluruh OPD. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: