Biar Gak Ngantuk Saat Baca Al Quran, Coba 10 Cara Jitu Ini! Insya Allah Dimudahkan

Biar Gak Ngantuk Saat Baca Al Quran, Coba 10 Cara Jitu Ini! Insya Allah Dimudahkan

Ilustrasi. Cara jitu biar gak ngantuk saat baca Al Quran.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Selama bulan Ramadan, ibadah yang kerap dikerjakan oleh sejumlah Muslim adalah membaca Al Quran. Sebagian orang akan menyempatkan waktu untuk sejenak membaca ayat per ayat dari kitab ini.

Ada banyak ibadah yang bisa diamalkan saat puasa Ramadan dan salah satunya baca Al Quran. Namun, kadang merasa kesulitan karena ngantuk yang datang tiba-tiba. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara ini biar gak ngantuk lagi.

Mengamalkan dan memahami Al Quran menjadi anjuran bagi umat Muslim, karena terdapat keberkahan dan pahala di dalamnya. Tidak hanya dibaca saat bulan Ramadan saja, namun setiap saat hingga akhirnya kita tidak dapat lagi membacanya.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Keutamaan Surah Yasin, Disebut Sebagai Jantungnya Al Quran

Sebagai sebuah petunjuk dan arah kehidupan, Al Quran menjadi gerbang umat Muslim memperoleh pahala, sebagaimana terhitung dari jumlah huruf per huruf yang dilantunkan.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari, bahwa:

"Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf."

Terdapat keberkahan dalam membaca Al-Quran dan memiliki pahala berlipat ganda, hanya saja praktikknya terkadang tidaklah mudah. Kendala yang umumnya terjadi adalah salah satunya ngantuk, rasa kantuk yang tiba-tiba hadir di tengah-tengah lantunan membuat mata pun tidak fokus pada bacaan.

BACA JUGA:Cukup Kerjakan 4 Amalan Ini di Malam Nuzulul Quran, Insya Allah Keberkahan Menghampiri

Dilansir dari laman seruni.id, berikut ini cara biar gak ngantuk saat baca Al Quran yang dapat kamu lakukan.

1. Ada balasan yang besar

Sebagaimana membaca Al Quran merupakan ladang pahala, kamu dapat meyakini bahwa setiap ayat maupun huruf dari Al-Qur’an yang dibaca akan menjadi kebaikan dan kelak akan dibalasan oleh Allah Ta’ala.

Dengan begitu, menjadi motivasi tersendiri untuk dapat mengamalkan bacaan lebih banyak. Namun, tidak hanya sekadar membaca, bila perlu pahami juga artinya dan memahami cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar.

BACA JUGA:6 Amalan Ini Dianjurkan Saat Malam Lailatul Qadar, Cek Doa dan Tanda-tandanya di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: