Biar Gak Ngantuk Saat Baca Al Quran, Coba 10 Cara Jitu Ini! Insya Allah Dimudahkan

Biar Gak Ngantuk Saat Baca Al Quran, Coba 10 Cara Jitu Ini! Insya Allah Dimudahkan

Ilustrasi. Cara jitu biar gak ngantuk saat baca Al Quran.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

2. Tempat yang Kondusif

Selain itu kamu bisa juga mencari tempat yang lebih kondusif untuk membaca Al-Qur’an. Misalnya di ruangan terang, hening dan tenang, terbebas dari suara-suara berisik yang mengganggu seperti suara orang mengobrol, atau suara radio maupun TV apalagi musik, dan lain-lain.

3. Tarik nafas

Kamu juga bisa melakukan tarikan nafas sebelum memulai membaca Al-Qur'an. Selain itu agar dapat mencegah terjadinya ngantuk lakukan tarikan nafas secara dalam dan perlahan melalui hidung, kemudian keluarkan lagi lewat mulut. 

Sebaiknya lakukan hal tersebut sebanyak minimal tiga kal, agar Anda bisa fokus kembali untuk membaca.

BACA JUGA:10 Manfaat Tin untuk Kesehatan, Salah Satu Buah Surgawi yang Disebut dalam Al Quran, Ini Kandungannya

4. Niat yang ikhlas

Dalam membaca Al-Qur'an diperlukan hati yang ikhlas dan meniatkannya karena henddak mencari ridha serta berharap pahala dari-Nya. Apalagi semata-mata hanya untuk riya, hindari hal tersebut agar pikiran dan hati tetap merasa tenang.

5. Jangan lupa berwudhu

Tidak lupa juga untuk berwudhu sebelum membaca Al-Qur'an, hal tersebut merupakan anjuran. Sehingga saat kita membaca Al-Qur'an atau ibadah lainnya, dalam kondisi yang suci.

BACA JUGA:Ini 10 Gambaran Surga Menurut Al Quran dan Hadits, Indah dan Penuh Kenikmatan Tak Terbatas

6. Memahami bacaan

Fokus untuk memahami ayat-ayat yang sedang dibaca, hal tersebut dilakukan supaya bisa menjiwai dan memahami makna kandungan dari ayat tersebut. Berbeda lagi apabila Anda mendapatkan surat cinta dari pasangan, tentu akan selalu diperhatikan. Untuk itu sama halnya dengan Al-Qur'an yang seolah menunggu untuk dibaca.

7. Waktu yang tepat

Jika kamu tahu waktu yang tepat untuk membaca Al-Qur'an, hal itu akan membantumu terhindar dari rasa kantuk. Sehingga bisa memaksimalkan bacaannya, dan tidak perlu juga memaksakan diri untuk membacanya berlembar-lembar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: