Berikut 5 Cara Mengelola Uang THR Agar Tidak Cepat Habis, Salah Satunya dengan Menyisihkan Sebagian

Berikut 5 Cara Mengelola Uang THR Agar Tidak Cepat Habis, Salah Satunya dengan Menyisihkan Sebagian

Berikut 5 cara mengelola uang THR agar tidak cepat habis, salah satunya dengan menyisihkan sebagian--(Sumber : Doc/BETV)

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menabung sebagian yang THR yang didapatkan baik dari perusahaan ataupun dari keluarga agar uang tidak habis untuk berbelanja. 

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Siapkan Rp21 Miliar untuk Bayar THR Idul Fitri kepada 4.048 ASN

Dengan menyimpan uang THR di dalam tabungan, kamu dapat menggunakannya sebagai uang tak terduga nantinya sebagai dana darurat untuk digunakan di masa mendatang. 

Kamu bisa menyimpan uang tersebut di bank, atau menginivestasikanntya ke instrumen investasi tertentu seperti reksadana, emas, saham dan sebagainya. 

BACA JUGA:Awas! Perusahaan Telat Bayar THR Bakal Kena Denda 5 Persen

2. Menahan Diri untuk Tidak Berbelanja Online

Cara yang selanjutnya dapat kamu lakukan adalah dengan menahan diri untuk tidak berbelanja online mengingat belanja online saat ini menjadi hal yang digemari oleh banyak orang. 

Oleh sebab itu tidak heran jika banyak yang menggunakan uang THR mereka untuk berlanja oline, terlebih lagi banyak e-commerce online yang mengadakan diskon besar-besaran saat Hari Raya Idul Fitri. 

BACA JUGA:Rp336,5 Miliar Uang untuk THR Masuk ke Bengkulu, Diprediksi Ekonomi Meningkat Saat Hari Raya Idul Fitri

Untuk itu, kamu perlu sebaik mungkin menahan diri dari belanja produk-produk yang tidak terlalu diperlukan, menahan diri ini perlu agar tidak kalap berbelanja dan mengakibatkan uang justru habis. 

3. Alokasikan untuk Zakat & Sedekah

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengalokasikan sebagian uang THR untuk zakat atau sedekah. Hal ini dilakukan untuk mengumpulkan pahala. 

BACA JUGA:Tidak Ada THR, BPKAD Pastikan Tenaga Honorer di Bengkulu Terima Gaji Lebih Awal

Kamu juga dapat menggunakan uang THR ini untuk membayar zakat yang sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim menjelang lebaran. 

4. Buat Daftar Keperluan Penting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: