Rp336,5 Miliar Uang untuk THR Masuk ke Bengkulu, Diprediksi Ekonomi Meningkat Saat Hari Raya Idul Fitri

Rp336,5 Miliar Uang untuk THR Masuk ke Bengkulu, Diprediksi Ekonomi Meningkat Saat Hari Raya Idul Fitri

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu Bayu Andy Prasetya. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi BENGKULU tahun 2024 telah mencapai angka yang signifikan, yaitu sebesar Rp336,5 miliar. 

"Untuk alokasi THR ASN di Bengkulu sebesar Rp336,5 miliar yang telah disalurkan kepada 67.999 ASN di Bengkulu," kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu Bayu Andy Prasetya. 

BACA JUGA:Masyarakat Keluhkan Tumpukan Sampah Pedagang Takjil di Depan Kantor MPP dan Puskesmas Pasar Kepahiang

Dari angka tersebut, Rp107,4 miliar disalurkan kepada 20.784 ASN pusat kementerian/lembaga. Sementara ASN Pemda, THR telah selesai disalurkan sebesar Rp229 miliar kepada 47.215 ASN.

"THR telah disalurkan seluruhnya ke ASN Pusat. Untuk jadwal di Pemda, tergantung regulasi penyaluran dari kepala daerah-nya masing-masing, namun pencairannya sudah mulai 24 Maret kemarin," ungkap Bayu.

BACA JUGA:Bulan Bakti Ramadhan, Kapolda Bengkulu Bagikan 100 Paket Sembako kepada Warga Kaur

Bayu menambahkan tahun ini pemerintah pusat mengalokasikan THR Rp48,7 triliun, yang disalurkan dengan besaran 100 persen atau 1 kali gaji kepada ASN. Pencairan dilakukan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan kecepatan pencairannya berdasarkan pengajuan berkas oleh masing-masing OPD.

BACA JUGA:Dua Kali Menang Pemilu, Samsul Aswajar Digadang-gadang Bakal Maju Pilkada Seluma 2024

Pemberian THR kepada ASN tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima langsung, tetapi juga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Dengan membelanjakan uang THR sesuai kebutuhan, akan terjadi perputaran ekonomi yang menguntungkan terutama bagi pelaku usaha lokal. 

"Kita harapkan penyaluran THR tuntas sebelum lebaran sehingga masyarakat dapat membelanjakan uangnya untuk perputaran dan pertumbuhan ekonomi Bengkulu," sampainya

BACA JUGA:Ronny Tobing Ramaikan Bursa Penjaringan PAN untuk Pilwakot Bengkulu 2024

Harapan Bayu Andy Prasetya, adalah agar penyaluran THR dapat diselesaikan sebelum lebaran guna mendorong pertumbuhan ekonomi Bengkulu melalui perputaran uang yang dihasilkan.

BACA JUGA:Miliki Sumber Daya yang Kuat, Meriani Berpeluang Maju di Pilgub Bengkulu

Namun demikian, penting bagi masyarakat untuk bijak dalam menggunakan uang THR agar inflasi di daerah dapat terkendali. Dengan kesadaran berbelanja yang tepat, diharapkan manfaat ekonomi dari penyaluran THR dapat dirasakan secara merata dan berkelanjutan di Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: