dempo

Bukan Hanya Fisik, Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Kurangi Kecemasan

Bukan Hanya Fisik, Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Kurangi Kecemasan

Ilustrasi. Manfaat puasa untuk kesehatan yang perlu diketahui, salah satunya dapat mengurangi kecemasan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada berbagai manfaat puasa yang dapat diketahui, selain secara spiritual mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berpuasa menjadikan diri untuk senantiasa memperbaiki diri, termasuk adanya kecemasan dalam hidup.

Salah satu manfaat puasa untuk kesehatan yakni berpengaruh pada mental seseorang. Sehingga jika merasa sedang dalam kondisi yang tidak baik, berpuasa bisa menjadi solusi.

Sebagaimana, puasa menjaga diri dari lapar, haus dan hal-hal yang membatalkannya. Hal ini dapat menjadi pengingat diri untuk senantiasa melakukan kebaikan dan tetap berpikir positif.

BACA JUGA:Bukan Hanya Tidur Aja, Ini 7 Jenis Kebutuhan Istirahat dalam Hidup, Kamu Wajib Tahu!

Dalam Islam, puasa menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan. Ada puasa sunah dan ada juga puasa wajib seperti puasa Ramadan yang wajib untuk dikerjakan umat Muslim.

Dengan meniatkan puasa semata-mata hanya karena Allah SWT. Tentunya puasa ini diperuntukan bagi siapa saja yang hendak mengerjakannya.

Puasa tidak akan membuat seseorang sakit. Namun, dengan berpuasa dapat membuat tubuh menjadi sehat. Tentunya dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan dan menjaga kesehatan adalah hal yang penting.

BACA JUGA:Cek Bacaan Doa Buka Puasa Syawal Ini, Ibadah Sunah 6 Hari Setelah Ramadan

Dengan tetap menjaga pola makan serta melakukan kegiatan yang positif, tentu akan berpengaruh bagi tubuh termasuk kesehatan mental seseorang. Lalu apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? Dilansir dari laman alodokter, simak ulasan berikut.

1. Menjaga kesehatan mental

Manfaat puasa sangat berpengaruh bagi kesehatan mental, sehingga bukan hanya kesehatan fisik saja. Diketahui, puasa tersebut bisa membantu mengurangi kadar hormon stress maupun kortisol serta merangsang hormon endorfin secara baik dan guna menghilangkan rasa cemas.

BACA JUGA:Ini Bacaan Niat hingga Tata Cara Puasa Syawal 6 Hari, Ibadah Sunah yang Dapat Menghapus Dosa, Alhamdulillah!

Hal itu diduga berkenaan dengan efek puasa yang bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Kemudian, puasa juga bisa membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa.

Sehingga, dapat membuat perasaan dan suasana batin dapat menjadi lebih tenang, sehingga pikiran akan lebih jernih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: