KPU

Bukan Hanya Fisik, Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Kurangi Kecemasan

Bukan Hanya Fisik, Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Kurangi Kecemasan

Ilustrasi. Manfaat puasa untuk kesehatan yang perlu diketahui, salah satunya dapat mengurangi kecemasan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

2. Menurunkan berat badan

Dalam kesehatan, berpuasa dapat menurunkan berat badan. Terlebih sangat membantu menjaga berat badan ideal. Sebuah penelitian, mengatakan bahwa puasa juga meningkatkan metabolisme tubuh, dengan begitu akan ada peningkatan dalam pembakaran kalori dan lemak pada tubuh.

BACA JUGA:Yuk Amalkan! Ini 7 Keutamaan Puasa Syawal Enam Hari, Ibadah Sunah Umat Islam Setelah Bulan Ramadan

Sehingga, hal tersebut dapat membuat berat badan menurun. Kamu pun akan terhindar dari adanya risiko obesitas. Untuk itu, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan supaya tetap dalam porsi aman.

3. Mengurangi risiko kanker

Dalam penelitian pada hewan membuktikan bahwa dengan puasa bisa bermanfaat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.  Diketahui selama puasa, kecepatan pembelahan sel dalam tubuh, termasuk juga sel-sel kanker, akan mengalami kekurangan sebab terbatasnya asupan nutrisi.

BACA JUGA:Jangan Asal! Berikut Pilihan Jenis Makanan yang Baik untuk Sahur Agar Ibadah Puasa Menjadi Lancar

Tak hanya itu, diketahui metabolisme yang lebih baik, turut berperan guna membuat sel kanker sulit tumbuh terhadap orang yang berpuasa.

Walau demikian, manfaat puasa satu ini masih harus diteliti lebih lanjut. Untuk mencegah kanker, kamu dianjurkan dapat menjalani gaya hidup sehat, misalnya konsumsi makanan bergizi dan seimbang, beristirahat cukup, rutin lakukan berolahraga, kurangi stres, hingga tidak merokok dan jauhi minuman dengan alkohol.

4. Jaga kesehatan jantung

Beberapa riset menyebutkan bahwa orang yang rutin berpuasa selama 1 bulan penuh, akan punya risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, kolestetrol tinggi, bahkan tekanan darah tinggi, daripada orang yang tidak menjalankan puasa.

BACA JUGA:Ingin Ibadah Puasa Lancar? Terapkan Pola Makan Sehat saat Berpuasa Ini Agar Tubuh Terhindar dari Penyakit

Diketahui orang yang berpuasa dapat mengatur pola makannya secara lebih sehat. Biasanya, selama berpuasa beberapa orang akan merubah pola makan menjadi lebih sehat, termasuk mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengonsumsi teh secara rutin, diketahui minuman tersebut mengandung flavonoid baik untuk kesehatan.

Konsumsi jenis makanan atau minuman dengan kandungan flavonoid, seperti teh dipercaya dapat mencegah naiknya kadar lemak darah (kolesterol), menurunkan risiko terjadinya diabetes, hingga membantu melancarkan peredaran darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: