Ternyata Inilah Jaringan Pemasok Senjata KKB Papua, Salah Satunya Adalah Filipina

Ternyata Inilah Jaringan Pemasok Senjata KKB Papua, Salah Satunya Adalah Filipina

Ternyata inilah jaringan pemasok senjata KKB Papua, salah satunya adalah Filipina--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Jaringan pemasok senjata KKB Papua telah lama terungkap oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang ternyata berasal dari beberapa sumber. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah Alasan Pemerintah Tetapkan KKB Papua Sebagai Organisasi Teroris

Jaringan ini memberikan pasokan senjata dan juga amunisi untuk menyokong pergerakan KKB Papua dalam mencapai tujuannya, yaitu untuk mewujudkan kemerdekaan Papua dan melepaskan diri dari Indonesia. 

Dalam beberapa waktu terakhir, tindakan kriminal yang dilakukan oleh Kelompok kriminal Bersenjata (KKB) Papua ini semakin meresahkan, teror yang disebarkan juga menjadi kian masif hingga menarik perhatian banyak pihak. 

BACA JUGA:Ternyata Inilah Asal Usul Bendera KKB Papua yang Dikenal dengan Nama Bintang Kejora, Apa Makna Dibaliknya?

Konflik ini selalu melibatkan senjata dan amunisi sehingga beberapa kali terjadi baku tempat dengan aparat yang bertugas. Tindak kriminal yang melakukan penghilangan nyawa ini juga seringkali terjadi melalui tembakan. 

Hal ini tentunya membuat banyak pihak bertanya-tanya mengenai siapa jaringan yang telah memberikan pasokan senjata dan juga amunisi terhadap kelompok ini. 

BACA JUGA: Kejam! Inilah Rentetan Kasus Kriminal KKB Papua Sejak 2018 hingga Tahun 2024 yang Diketahui Publik

Menurut penuturan M. Tito Karnavian seperti yang dilansir dari berbagai sumber, pemasok senjata api ilegal yang masuk ke wilayah Papua ini masih melalui jalur-jalur darat dan menyebar dari perbatasan di berbagai wilayah Jayapura hingga Merauke. 

Salah satu pemasok senjata api ilegal ini adalah wilayah terdekat mereka yaitu Papua Nugini, meski pemasok yang menggunakan jalan tikus ini dinilai tidak begitu banyak. 

BACA JUGA:Ternyata KKB Awalnya Bukan Kelompok Kriminal, Inilah Tujuan Awal Pembentukan Organisasi dan Tokoh Pendirinya

Selain melalui Papua Nugini, KKB Papua juga memperoleh pasokan senjata melalui tindak kriminal yang dilakukannya. Pihak-pihak mereka akan melakukan serangan pada aparat seperti TNI dan Polri lalu kemudian merapas senjata mereka usai melakukan baku tembak. 

Sumber lainnya dari pasokan senjata ini berasal dari daerah-daerah berkonflik yang telah menyelesaikan konfliknya, seperti Konflik Ambon Bersenjata. 

BACA JUGA:Inilah Beberapa Alasan Mengapa KKB Papua Sulit Diberantas Meski Terus Sebar Teror, Rupanya Dilindungi Tokoh Lo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: