Jangan Abaikan Hal Ini! 7 Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Mental dalam Diri, Perlunya untuk Bersyukur

Jangan Abaikan Hal Ini! 7 Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Mental dalam Diri, Perlunya untuk Bersyukur

Ilustrasi. Cara mudah meningkatkan kesehatan mental dalam diri, salah satunya perlu untuk bersyukur.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada beberapa hal yang dapat dilakukan setiap orang, meski sederhana hanya saja kesehatan mental penting untuk dijaga. Ada cara mudah bagi kamu yang ingin meningkatkan kesehatan mentalnya.

Salah satu untuk menumbuhkan dan tetap menjaga kesehatan mental yakni dengan bersyukur. Selain itu, ada cara lainnya yang dapat kamu lakukan, simak ulasan berikut.

Dikutip dari halodoc, kesehatan mental atau kesehatan jiwa merupakan suatu kondisi kesehatan yang berkenaan dengan emosi, kejiwaan, hingga psikis seseorang. Kesehatan mental ini tidak hanya mengacu kepada kesejahteraan emosional saja, tetapi juga terkait seseorang yang berpikir dan berperilaku.

BACA JUGA:Para Ibu Harus Tahu! Ini 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental, Salah Satunya Terapkan Sleep Hygiene

Dilansir dari detikjabar, sesuai dengan Riset Dasar (Riskesdas) 2018, ada 19 juta lebih masyarakat yang telah mengalami gangguan mental emosial dan usianya di atas 15 tahun. Tak hanya itu, satu dari tiga remaja yang ada di Indonesia telah mengalami gangguan kesehatan mental ini, hal ini berdasarkan catatan Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey 2022.

Bahkan ada peringatan tentang kesehatan mental tersebut. Sehingga bukan tanpa alasan peringatan ini ada, karena bertujuan untuk dapat menambah kesadaran serta edukasi kepada masyarakat.

Mental dan jiwa seseorang yang sehat dapat diciptakan serta ditingkatkan. Melansir beberapa sumber, simak penjelasan berikut, kamu bisa mengetahui tips untuk membuat diri semakin lebih baik.

BACA JUGA:Ini Pedophobia yang Perlu Kamu Tahu, Takut Berlebihan pada Anak Kecil, Cek Gejalanya di Sini!

7 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental

1. Bersyukur

Cara yang bisa meningkatkan mental seseorang adalah dengan bersyukur. Bersyukurlah atas segala hal yang dimiliki, kemudian dapat memulainya dengan menulis jurnal tentang sesuatu yang baik atau positif yang bisa dilakukan setiap hari.

Selanjutnya meningkatkan kedekatan diri terhadap Tuhan, dengan kegiatan beribadah dan berdoa juga sangat membantu. Hal ini dapat membuatmu lebih mensyukuri dan membuat jiwa lebih sehat.

2. Olahraga yang teratur dan hidup sehat

Dengan berolahraga rutin atau beraktivitas fisik, hal ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: