6 Cara Ampuh Mencegah Demam Berdarah, Nomor 1 Terapkan 3M, Apa Saja? Yuk Cek

6 Cara Ampuh Mencegah Demam Berdarah, Nomor 1 Terapkan 3M, Apa Saja? Yuk Cek

Ilustrasi. Cara ampuh mencegah demam berdarah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting untuk mengetahui cara mencegah demam berdarah agar meminimalisir resiko terserang penyakit DBD, salah satunya terapkan 3M.

Seperti yang diketahui bahwa penyakit demam berdarah (DBD) merupakan salah satu penyebab gangguan kesehatan yang dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik.

Oleh karena itu, sebelum kamu mengalaminya maka penting untuk melakukan pencegahan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan 3M yakni, menguras bak mandi, menutup rapat tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas.

BACA JUGA: Judul : Nanas Ternyata dapat Mencegah Flu, Cek Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Lainnya di Sini

Sebagai informasi bahwa demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang memiliki virus dari tempat sampah dan area kotor lainnya.

Biasanya nyamuk ini akan membuat sarang di tempat lembap seperti bak mandi, kamar mandi, dan tempat kotor. Oleh karena itu kamu wajib melakukan 3M sebagi langkah awal pencegahan demam berdarah.

Jika kamu rutin mengganti air di dalam bak mandi maka nyamuk Aedes Aegypti akan enggan bersarang, begitupun jika kamu mendaur ulang sampah maka meminimalisir nyamuk demam berdarah akan datang.

BACA JUGA:Cek 8 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Demam Berdarah

Itulah pentingnya menjaga kebersihan apalagi di musim penghujan, karena pada musim ini nyamuk Aedes Aegypti akan berkembang biak lebih banyak.

Selain melakukan 3M kamu juga bisa bersihkan saluran air secara rutin, memanfaatkan tumbuhan dan hewan peliharaan, hingga meminimalisir akses nyamuk masuk ke dalam rumah.

Hal ini sangat penting diketahui agar terhindar dari penyakit berbahaya demam berdarah. Meskipun terlihat sepele karena hanya dari gigitan nyamuk, namun penyakit demam berdarah dapat menyebabkan kematian.

Melansir dari mitrakeluarga.com, berikut cara ampuh mencegah demam berdarah:

BACA JUGA:Program BPJS Kesehatan Gratis Pemkot Bengkulu Terus Berlanjut, 29.552 Jiwa Sudah Tercover

1. Terapkan 3M

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: