Dugaan Penyelewengan DD, Inspektorat Seluma Lakukan Audit Investigasi di 3 Desa

Dugaan Penyelewengan DD, Inspektorat Seluma Lakukan Audit Investigasi di 3 Desa

Inspektur Inspektorat Seluma Marah Halim mengatakan, audit dana desa dilakukan atas Dumas (pengaduan masyarakat) terkait dugaan penyelewengan Dana Desa (DD), Selasa 30 April 2024.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Inspektorat Kabupaten Selum melakukan audit investigasi di 3 desa atas dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) pada tahun kegiatan 2022-2023.

Inspektur Inspektorat Seluma Marah Halim mengatakan, audit dana desa dilakukan atas Dumas (pengaduan masyarakat) terkait dugaan penyelewengan Dana Desa (DD). Dimana melibatkan tiga desa yakni Desa Serian Bandung Kecamatan SAM, Desa Ujung Padang Kecamatan SAM, dan Desa Talang Sali Kecamatan Seluma Timur.

BACA JUGA:Pj Walikota Bersama DLH Launching Pirolisis, Alat Pengolah Sampah Jadi BBM

Sebelumnya Inspektorat sudah melakukan pemeriksaan lapangan terhadap realisasi Dana Desa (DD) di Desa Ujung Padang Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) tahun 2022 dan tahun 2023, untuk memastikan apakah ada penyelewengan atau tidak.

Begitu pula dengan Desa Serian Bandung, yang terdapat laporan masyarakat atas dugaan penyimpangang Dana Desa tahun 2023. Sehingga membuat pihak Inspektorat melakukan audit investigasi.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Bengkulu Lantik 356 PPPK Formasi 2023, Pesankan Dedikasi dan Loyalitas

Adapun langkah yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Seluma dalam audit investigasi yang dilakukan, yakni tim audit saat ini masih tahapan memeriksa berkas berkas Surat Pertanggungjawaban (SPj) penggunaan anggaran DD di Desa Serian Bandung. 

Serta dilakukan analisis dan kroscek terhadap penggunaan dana dengan realisasi di lapangan berkaitan dengan pembangunan fisik yang telah dikerjakan atau dilakukan di desa.

BACA JUGA:Ini Tanggapan BKSDA soal Temuan Ratusan Kilo Daging Celeng Ilegal Asal Bengkulu di Lampung

"Untuk Desa Serian Bandung dan Desa Ujung Padang sudah, saat ini kita masih menunggu hasil analis dan kroscek. Jika nanti adanya temuan baru kita ekpose," ujarnya.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Hibah Anggaran Pengamanan Pilkada 2024 Senilai Rp10 Miliar

Selanjutnya pihak Inspektorat Kabupaten Seluma akan melakukan audit terhadap Desa Talang Sali Kecamatan Seluma Timur. Audit yang akan dilakukan di desa tersebut berdasarkan permintaan Dumas.

"Untuk selanjutnya kita akan audit investigasi DD 2023 Desa Talang Sali," lanjutnya.

BACA JUGA:Usai Penemuan 2 Bayi, Polisi Temukan Kasus Remaja Hamil Tanpa Suami di Seluma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: