Sukseskan Pilkada 2024, Pemkot Bengkulu Siapkan Dana Hibah Sebesar Rp28 Miliar

Sukseskan Pilkada 2024, Pemkot Bengkulu Siapkan Dana Hibah Sebesar Rp28 Miliar

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bengkulu, Gitagama Raniputera, SE, MM. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota BENGKULU, Gitagama Raniputera, SE, MM. mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) BENGKULU menyiapkan anggaran sebesar Rp28 miliar untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Adapun landasan hukum kebijakan tersebut yaitu Peraturan Menteri (Permen) Nomor 54 Tahun 2019 dan Nomor 41 tahun 2020 yang menjelaskan untuk pendanaan hibah pelaksanan Pilkada tidak lagi melalui review KPU RI, melainkan langsung dari pemerintah daerah masing-masing.

BACA JUGA:Euforia Rayakan Kelulusan, Pelajar SMKN Kepahiang Berakhir Celaka

"Sejak tahun 2020 pembiayaan Pemilu daerah dibebankan pada daerah penyelenggara Pilkada tersebut. Pemkot sendiri telah menghibahkan dana senilai Rp28 miliar untuk penyelenggaran Pemilu 2024 yang diplot dari APBD tahun ini” kata Gitagama Senin 6 Mei 2024.

BACA JUGA:Bisnis BBM Oplosan, Pria Asal Rejang Lebong Masuk Bui

Tambah Gita, anggaran Rp28 miliar yang disiapkan Pemkot Bengkulu tersebut nominal peruntukannya berbeda-beda tergantung dengan beban kerja masing-masing team. Baik itu penyelenggara, pengawas, termasuk team pengamanan Pilkada.

"Dari data BPKAD dana tersebut diberikan salah satunya pada penyelenggara Pemilu, serta diperuntukkan bagi Badan Pengawas Pemilu. Selain pengawas dan penyelenggara, dana hibah kepada team keamanan Pemilu juga diberikan sesuai dengan beban kerja masing-masing," tambah Gitagama. 

BACA JUGA:Nyatakan Maju Pilgub Bengkulu, Rohidin Ingin Ciptakan Harmonisasi dengan Calon Walikota

Sebagai informasi tambahan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu telah mengeluarkan rincian peruntukkan dari dana hibah Pilkada sebesar Rp28 Miliar tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mendapat dana senilai Rp17,4 miliar. Bagi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu senilai Rp3,2 miliar.

Serta untuk pengamanan Pemilu yakni Polresta Bengkulu senilai Rp4,3 Miliar. Lalu untuk Kodim 0407 Kota Bengkulu diberikan sejumlah Rp1,5 miliar.

BACA JUGA:151 Peserta PPK Pilkada Kepahiang Jalani Tes CAT

Pilkada serentak seluruh Provinsi Bengkulu akan digelar pada 27 November 2024. Sesuai dengan hasil rilis daftar pemilih sementara hasil perbaikan oleh KPU Kota Bengkulu, sebanyak 270.821 pemilih. Terdiri diri dari 131.933 pemilih laki-laki, 137.888 pemilih perempuan yang tersebar di 9 kecamatan dan 67 kelurahan dengan 985 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kota Bengkulu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: