dempo

Profesional! 10 Wasit Sepakbola Ini Jadi Wasit Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Profesional! 10 Wasit Sepakbola Ini Jadi Wasit Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Profesional! 10 wasit sepakbola ini jadi wasit paling disegani di dunia, siapa saja?--(Sumber Foto : Doc/BETV)

BETVNEWS - Keberadaan wasit dalam pertandingan sepakbola sangat penting sehingga tidak heran jika terdapat beberapa wasit dengan kemampuan yang hebat sehingga ia menjadi wasit yang paling disegani di dunia. 

BACA JUGA:Capai Ribuan Dollar, Ini Estimasi Gaji Wasit Pertandingan Timnas di Piala Asia 2024

Peranan wasit ini menjadi hal yang sangat penting serta profesional dalam memimpin sebuah pertandingan agar pertandingan sepakbola tersebut adil dan tidak timpang ke sisi manapun. 

Perjalanan untuk menjadi wasit yang paling disegani di dunia ini tentunya tidak mudah untuk dilakukan, mereka telah melalui proses yang panjang hingga akhirnya memperoleh gelar tersebut. 

BACA JUGA:Usir Shin Tae Yong dengan Kartu Merah, Ini Rekam Jejak Francois Letexier, Pernah Wasiti Manchester United

Memperoleh gelar tersebut juga tidak mudah, bahkan tidak sedikit pula wasit yang justru dianggap kontroversial atas setiap keputusan yang dilakukannya. 

Seperti halnya wasit yang ada dalam pertandingan Piala Asia U-23 2024 ini, dimana tiap keputusan-keputusan yang dilakukannya dianggap merugikan Indonesia sehingga membawa timnas Indonesia pada kekalahan. 

BACA JUGA:Ini Profil Francois Letexier, Wasit Penuh Kontroversi yang Jadi 'Penyebab' Kekalahan Indonesia di Laga Playoff

Dalam pertandingan Indonesia vs Uzbekistan misalnya, dalam pertandingan ini wasit yang berperan adalah Shen Yinhao yang berasal dari China. 

Shen Yinhao mendapatkan banyak kecaman lantaran dinilai tidak bersikap adil dan justru merugikan Indonesia seperti dengan tidak memberi hadiah penalti saat Witan Sulaeman dijatuhkan oleh Pemain Uzbekistan di kotak terlarang. 

BACA JUGA:Bela Timnas Indonesia Atas Kecurangan Wasit, Pelatih Shin Tae Yong Dihadiahi Kartu Merah, Begini Kronologinya

Tidak hanya itu, Shen Yinhao bakan melakukan anulir pada gol yang dicetak oleh Muahmmad Ferari lantaran dianggap offside. Bahkan Shen Yinhao memberikan kartu merah dan mendorong kapten Timnas Rizky Ridho keluar lapangan

Sikap wasit-wasit ini tentunya membuat para penggemar merasa geram karena mereka tidak bertindak seperti yang semestinya. Wasit semestinya bersikap senetral mungkin tanpa adanya keterpihakan pada pihak manapun.

BACA JUGA:Rugikan Indonesia, Ini 3 Keputusan Kontroversial Wasit Francois Letexier dalam Playoff Indonesia vs Guinea

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: