dempo

Profesional! 10 Wasit Sepakbola Ini Jadi Wasit Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Profesional! 10 Wasit Sepakbola Ini Jadi Wasit Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Profesional! 10 wasit sepakbola ini jadi wasit paling disegani di dunia, siapa saja?--(Sumber Foto : Doc/BETV)

Tidak hanya itu, wasit juga harus bekerja sama dengan berbagai pihak seperti asisten wasit, ofsial keempat hingga operator VAR untuk memastikan pertandingan berjalan dengan baik dan adil. 

Untuk menjadi wasit ini juga tentunya tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, terutama untuk wasit resmi dari FIFA. Mereka harus memiliki kepribadian yang tegas serta memahami peraturan sepak bola.  

BACA JUGA:Jadi Wasit Olimpiade Paris 2024, Akankah Sivakorn Pu-udom Pimpin Laga Play-off Indonesia vs Guinea Malam Ini?

Namun sayangnya, terdapat beberapa wasit yang tidak realistis dalam memimpin pertandingan serta mempertahankan egonya sendiri sehingga sering dinilai tidak adil. 

Oleh karena sikap wasit ini, banyak orang bertanya-tanya mengenai seperti apa kinerja wasit yang paling disegani di dunia dan bagaimana sikap mereka dalam mengambil keputusan di lapangan. 

BACA JUGA:Fantastis! Segini Estimasi Gaji Wasit Piala Asia U-23, Shen Yinhao Berapa?

Jika kamu ingin tahu siapa saja wasit paling disegani di dunia, berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut ini. 

Wasit Paling Disegani di Dunia

1. Pierluigi Collina

Wasit pertama yang sangat disegani dan paling dihormati oleh para pemain sepakbola lantaran selalu mengambil keputusan yang tegas dan juga adil. 

BACA JUGA:Respect! Ini 10 Wasit yang Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Tidak hanya itu, Collina juga tidak segan membuat keputusan besar pada pemain bintang hingga membuat keputusan dalam situasi yang sulit serta tekanan yang besar. 

Collina tidak takut mendapatkan cacian dari penggemar para bintang tersebut. Oleh sebab itu tidak heran jika penampilannya sangat dikenang dalam Piala Dunia 2022 lalu saat ia memimpin pertandingan antara Brazil dan juga Jerman. 

BACA JUGA:Dituding Rugikan Indonesia dalam Piala Asia U-23, Ini Rekam Jejak Sivakorn Pu-Udom Wasit VAR asal Thailand

Berkat hal tersebut, Collina akhirnya menjadi wasit pertama yang wajahnya masuk ke dalam game Pro Evolution Soccer 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: