dempo

Profesional! 10 Wasit Sepakbola Ini Jadi Wasit Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Profesional! 10 Wasit Sepakbola Ini Jadi Wasit Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Profesional! 10 wasit sepakbola ini jadi wasit paling disegani di dunia, siapa saja?--(Sumber Foto : Doc/BETV)

8. Sandor Puhl

Nama Sandor Puhl masuk ke dalam salah satu wasit terbaik FIFA yang sering mendapat banyak tugas dalam memimpin laga sepakbola berskala besar. 

BACA JUGA:Terbaru! Berikut Daftar Atlet Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Bulu Tangkis Terbanyak

Ia sangat dihormati dalam penampilan terbaiknya saat menjadi wasit di Piala Dunia 1994 silam. Berkat pertandingan tersebut, ia dinobatkan menjadi Wasit Terbaik Dunia tahun 1994 lalu oleh IFFHS.

Bahkan ia berhasil mempertahankan gelar tersebut selama 4 kali berturut-turut terhitung dari tahun 1994 hingga rahun 1997. 

BACA JUGA:Tanpa Indonesia di Laga Sepakbola, Ini Jadwal Lengkap Olimpiade Paris 2024 dan Cabang yang Dilombakan

9. Victor Kassai

Nama Victor Kassai turut meramaikan jajaran wasit yang paling disegani di dunia. Ia memulai karirnya sejak tahun 2003 lalu hingga tahun 2019. 

Semasa karirnya, Victor Kassai pernah membuat keputusan yang mengesankan dalam final Liga Champion UEFA 2011 dalam pertandingan antara Barcelona dan Manchester United. Ia bahkan menjadi wasit pertama yang berani memberikan penalti setelah melihat tayangan ulang video. 

BACA JUGA:Indonesia Terpaksa Absen, Ini 16 Negara yang Berhasil Lolos Olimpiade Paris 2024

10. Pedro Proenca

Wasit terakhir yang paling disegani di dunia adalah Pedro Proenca yang memulai karirnya dalam dunia sepak bola sejak tahun 1998 lalu.

Ia merupakan wasit pertama yang memimpin final Liga Champions UEFA dan UEFA European Champions di tahun yang sama serta berhasil menerima banyak penghargaan dari dua organisasi yang berbeda. 

Penghargaan yang didapatkannya adalah Wasit Terbaik Dunia oleh IFFHS pada tahun 2012 dan Wasit Terbaik Tahun Ini pada tahun 2007 dan 2011 oleh Federasi Sepak Bola Portugal.

BACA JUGA:Segera Digelar, Berikut Jadwal dan Cabang Olahraga Olimpiade Paris 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: