dempo

Salah Satu Ciri Keislaman, Ini 7 Keutamaan Ibadah Kurban yang Wajib Deketahui

Salah Satu Ciri Keislaman, Ini 7 Keutamaan Ibadah Kurban yang Wajib Deketahui

Ilustrasi. Keutamaan ibadah kurban.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut keutamaan ibadah Kurban setelah sholat Idul Adha yang wajib diketahui seorang muslim.

Berkurban merupakan ibadah sunnah yang paling dicintai oleh Allah SWT, karena dilakukan pada bulan yang paling dimuliakan.

Ibadah ini dilakukan setahun sekali pada tanggal 10 Dzulhijjah atau setelah sholat Idul Adha sebagai tanda rasa syukur atas rezeki dan nikmat yang diberikan Allah SWT kepada umatnya.

BACA JUGA:Bupati Seluma Akan Laksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Falihin Besok

Salah satu keutamaan nya adalah mencirikan ke Islaman seseorang. Hal tersebut karena Islam selalu mengajarkan kebaikan dan kepedulian antara sesama.

Begitupun dengan ibadah ini, seperti yang diketahui bahwa ibadah kurban dilakukan dengan penyembelihan hewan ternak yang memenuhi syarat tertentu.

Kemudian daging yang diperoleh dari penyembelihan hewan tersebut akan dibagikan kepada fakir miskin dan tetangga.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Adha, 1.836 Ekor Hewan Kurban Akan Disembelih di Bengkulu Utara

Tidak hanya itu masih banyak keutamaan dari ibadah Kurban seperti mendapatkan kebaikan dari setiap helai bulu hewan yang dikurbankan, hewan kurban menjadi kendaraan menuju surga nantinya, dan ibadah ini membawa misi kepedulian kepada sesama.

Dilansir dari laman resmi detik.com, berikut keutamaan ibadah kurban bagi muslim.

1. Menghilangkan Sifat Buruk

Keutamaan ibadah kurban yang pertama adalah menghilangkan sifat buruk. Hal tersebut karena arti kata berkurban sendiri berari menghilangkan sifat egois, serakah, rasa memiliki dan sifat buruk lainnya.

BACA JUGA:Harga Daging di Kaur per Kilogram Mencapai Rp160.000 Jelang Idul Adha

Di samping itu, berkurban memang dimaksudkan sebagai ketaatan seorang muslin ke pada Allah SWT bahwa tidak ada yang abadi di muka bumi, semuanya ada atas izin-Nya.

Berkurban bukan berarti menyembah tuhan dengan menumbalkan daging dan darah hewan, melainkan ketulusan seorang muslim dalam mengkurbankan apa yang dimilikinya sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah SWT, hewan kurban hanya simbolis saja.

2. Kebaikan dari Setiap Helai Bulu Hewan Kurban

Keutamaan ibadah kurban selanjutnya adalah mendapatkan kebaikan dari setiap helai bulu heran yang dikurbankan.

Hal ini dikisahkan pada saat ibn Arqam menanyakan kepada Rasulullah mengenai keutamaan kurban, lalu Rasulullah menjawab bahwa setiap bulu-bulu hewan kurban tersebut adalah kebaikan. [HR. Ahmad dan ibn Majah]

BACA JUGA:Harga Daging di Kaur per Kilogram Mencapai Rp160.000 Jelang Idul Adha

3. Berkurban adalah Ciri Keislaman Seseorang

Keutamaan ibadah kurban berikutnya adalah menandakan bahwa seorang tersebut ikhlas. Seperti yang dikatakan bahwa yang dinilai dari kurban bukan daging dan darah hewan tersebut namun keikhlasan seorang muslim tersebut dalam mengkurbankan apa yang dimilikinya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami." [HR. Ahmad dan Ibnu Majah].

4. Menjadi Kendaraan Menuju Surga

Selain keikhlasan, keutamaan berkurban lainnya adalah merupakan salah satu kendaraan menuju surga. Hal tersebut karena pada hari kiamat hewan tersebut akan mendatangi orang yang mengkurbankannya dan menjadi kendaaran ke surga.

BACA JUGA:5 Resep Olahan Daging Empuk dan Lezat, Rekomendasi untuk Hidangan Idul Adha

5. Kurban Salah Satu Ibadah yang Paling Disukai Oleh Allah

Keutamaan ibadah kurban lainnya adalah termasuk ke dalam golongan orang-orang yang disukai oleh Allah SWT. Hal tersebut karena ibadah kurban merupaka ibadah yang disukai pleh Allah, makan orang yang berkurban juga akan menjadi bagian yang disukainya.

6. Berkurban Membawa Misi Kepedulian Pada Sesama, Menggembirakan Kaum Dhuafa

Selain ibdah yang paling disukai oleh Allah, ibadah kurban juga membantu kaum dhuafa, dengan begitu muslim yang berkurban akan dihadiahi pahala yang dapat menjadi bekal di akhirat nantinya. 

7. Berkurban Merupakan Ibadah yang Utama

Keutamaan berkurban berikutnya adalah ibadah yang utama. Hal tersebut dituangkan langsung di dalam Al-quran pada surat Al-Kautsar.

BACA JUGA:Selain Rendang, Ini 7 Hidangan Lain untuk Idul Adha yang Paling Direkomendasikan

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

Latin: fa ṣalli lirabbika wan-ḥar

Artinya: "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah." [Qur'an Surat Al Kautsar: 2]

Demikian informasi menganai keutamaan ibadah kurban bagi umat muslim, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: