dempo

5 Penyebab Anak Kecanduan Game Online, Salah Satunya Kesalahan Pola Asuh Orang Tua

5 Penyebab Anak Kecanduan Game Online, Salah Satunya Kesalahan Pola Asuh Orang Tua

Ilustrasi. Penyebab anak kecanduan game online --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting bagi orang tua untuk mengetahui penyebab anak kecanduan game online agar dapat segera memberikan batasan dan mencegah masalah yang satu ini terjadi. 

BACA JUGA:Awas! Ini 5 Bahaya Anak Kecanduan Game Online, Bisa Sebabkan Perubahan Mood hingga Insomnia

Apalagi lagi saat ini anak-anak lebih rentan terhadap pengaruh buruk ini karena mereka menggunakan ponsel lebih sering karena berbagai alasan tertentu. 

Tidak hanya itu, anak-anak saat ini telah begitu akrab dengan dunia digital dan juga teknologi sehingga penggunaan gadget mungkin tidak bisa dilepaskan dari kehidupan mereka sehari-hari. 

BACA JUGA:5 Tanda Anak Kecanduan Game Online yang Perlu Diwaspadai, Terobsesi hingga Isolasi Diri

Penggunaan ponsel untuk bermain game online sebenarnya sah-sah saja selama dalam kontrol yang baik untuk dapat mengisi waktu luang bagi anak-anak. 

Namun banyak anak yang justru lupa waktu dan bermain video game hingga berjam-jam dan mengabaikan sekitar termasuk mengabaikan begitu saja aktivitas yang seharusnya mereka lakukan, seperti mengerjakan tugas sekolah. 

BACA JUGA:6 Cara Jitu Atasi Kecanduan Game Online pada Anak, Peran Orang Tua Dibutuhkan

Kecanduan game online sendiri merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan kurangnya kontrol atas kebiasaan untuk bermain game sehingga berdampak negatif pada banyak aspek kehidupan seseorang. 

Tidak hanya itu, kecanduan game online juga mirip seperti gangguan perjudian yang menganggap jika kemenangan menjadi salah satu alasan utama untuk bermain. 

BACA JUGA:5 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Orang Tua Perlu Tegas!

Jika seharusnya game online dimainkan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, namun saat ini game online seolah menjadi kebutuhan. 

Selain itu, jenis kecanduan yang terjadi akibat game online ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami berbagai masalah psikologis seperti gangguan kecemasan dan juga depresi apabila terus dibiarkan begitu saja. 

BACA JUGA:Game Online Bikin Candu, Ternyata Ini Penyebabnya, Ketahui Segera dan Cegah Sebelum Terlambat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: