KPU

Mengenal Istilah Gaslighting, Cek Tanda dan Cara Mengatasi Orang yang Punya Sifat Ini

Mengenal Istilah Gaslighting, Cek Tanda dan Cara Mengatasi Orang yang Punya Sifat Ini

Ilustrasi. Mengenal istilah gaslighting, cek tanda dan cara mengatasi orang yang punya sifat ini.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Tak heran bahwa pelaku gaslighting akan sering kali memakai kebohongan, kritik negatif, serta juga hinaan sebagai memanipulasi korban. 

Untuk itu, jika pelaku mulai kembali berulah, kamu tidak perlu takut berbicara ataupun berterus terang. Hal tersebut akan membuat dirinya terpojok sampai akhirnya meninggalkanmu.

- Kenali perilaku tersebut sebagai gaslighting

Tindakan manipulasi yang biasanya dilakukan pada pelaku seringkali tidak disadari sebagai bentuk gaslighting, bagi sebagian orang.

BACA JUGA:Kesehatan Mental Makin Terjaga, Coba Lakukan 7 Cara Efektif Ini

Sehingga, tentu kamu harus waspada bila seseorang menjalankan manipulasi dengan konsisten, serta membuatmu ragu akan diri sendiri, bahkan cukup berdampak negatif pada harga dirimu.

- Kumpulkan bukti interaksi bersama pelaku

Hal ini dapat membantumu melacak terkait apa saja yang sebenarnya terjadi, selain itu kamu bisa mendokumentasikan semua interaksi bersama pelaku. 

Ketika ia mulai untuk menyangkal akan percakapan atau peristiwa yang sudah terjadi, kamu bisa membuktikan kebenarannya.

- Ciptakan batasan

Membuat batasan jelas diantara kamu dan pelaku. Hal ini dilakukan supaya dapat membatasi percakapan atau menjauhi pelaku yang mulai membuatmu ragu dan cemas.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

- Hindari perdebatan

Pelaku gaslighting tersebut selalu mencoba untuk membuat si korban menjadi orang bersalah. Bila kamu terus-menerus berusaha menunjukkan bahwa dirimu benar dan dia salah, hal tersebut dapat membuatmu frustrasi. 

Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah suatu perdebatan dan juga jauhkan diri terhadap pelaku gaslighting. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: