dempo

Waspada 4 Dampak Gaslighting Ini Bisa Rugikan Dirimu, Jauhi Jika Terjadi

Waspada 4 Dampak Gaslighting Ini Bisa Rugikan Dirimu, Jauhi Jika Terjadi

Ilustrasi. Waspada 4 dampak gaslighting ini bisa rugikan dirimu, jauhi jika terjadi--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Korban yang mengalami gaslighting ini seringkali tidak sadar jika mereka telah dicuci otak lantaran tindakan ini biasanya dilakukan secara perlahan dan bertahap. 

Kondisi ini tentunya dapat berdampak buruk dan berbahaya bagi korban sehingga penting untuk mengetahui dampak perilaku gaslighting ini. 

BACA JUGA:Tanda-tanda hingga Cara Atasi Gaslighting, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum beberapa dampak buruk perilaku gaslighting yang perlu kamu ketahui yang dapat kamus simak dalam artikel ini. 

Dampak Perilaklu Gaslighting

1. Merusak Kepecayaan Diri Seseorang

Dampak pertama yang dapat terjadi pada korban gaslighting adalah mereka memiliki kepercayaan diri yang rendah lantaran pelaku seringkali menyudutkannya. 

BACA JUGA:Terjebak dengan Rekan Manipulatif? Ini 5 Cara Menghadapinya

Oleh sebab itu, korban gaslighting ini akan merasa rendah diri dan juga merasa bersalah lantaran pelaku akan terus mengubah naratif cerita agar dia tidak bersalah. 

Hal ini menyebabkan presepsi diri pada korban akan memburuk seiring berjalannya waktu sehingga mereka akan menganggap dirinya bodoh, gila, bahkan sulit untuk berada di dalam hubungan. 

BACA JUGA:Hubungan Buruk di Masa Lalu Bisa Bikin Kamu Jadi Manipulatif, Cek Penyebab Lainnya di Sini

2. Ketergantungan pada Pelaku

Gaslighting jga dapat menyebabkan korban bergantung padanya karena pelaku akan berusaha untuk meyakinkan dengan segala cara jika mereka benar. 

Mereka akan menyalahkan korban hingga akhirnya korban tidak bisa benar-benar membedakan kejadian yang nyata atau tidak di dalam pikirannya hingga dia akan merasa tidak yakin pada setiap memori yang dia miliki. 

BACA JUGA:7 Ciri Perilaku Manipulatif yang Perlu Diwaspadai, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: