dempo

BPS: Angka Kemiskinan Bengkulu Turun 0,48 Persen

BPS: Angka Kemiskinan Bengkulu Turun 0,48 Persen

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membuka secara resmi Press Release Berita Resmi Statistik (BRS) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, di Aula BPS Provinsi Bengkulu, Senin 1 Juli 2024. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Gubernur BENGKULU Rohidin Mersyah membuka secara resmi Press Release Berita Resmi Statistik (BRS) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi BENGKULU, di Aula BPS Provinsi BENGKULU, Senin 1 Juli 2024. 

Diketahui Press Release BRS BPS Provinsi Bengkulu kali ini menyampaikan data statistik terkait Indeks Harga Konsumen (IHK)/Inflasi, Nilai Tukar Petani (NTP), Perkembangan Statistik Ekspor-Impor, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang dan Statistik Transportasi serta Profil Kemiskinan dan Tingkat Ketimpangan Pengeluaran Penduduk Provinsi Bengkulu Maret 2024.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu: Coklit Data Pemilih per 1 Juli Capai 47,8 Persen

Menurut Gubernur Rohidin, BRS yang disajikan BPS menjadi instrumen penting bagi pemerintah daerah di wilayah Bengkulu, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, sebagai bahan evaluasi program kerja pemerintah. 

Sehingga evaluasi kinerja pemerintah daerah khususnya indikator ekonomi dan inflasi bisa terpantau dengan baik, supaya bisa melakukan tindak lanjut dan langkah strategis yang harus dilakukan, utamanya dalam hal menurunkan angka kemiskinan. 

BACA JUGA:Viral Fenomena Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Seluma, Ini Kata Kadis Perikanan

"Saya kira ini masih menjadi PR pemerintah daerah untuk menyusun program yang lebih jelas dan terarah bagaimana bisa berdampak signifikan bagi penurunan angka kemiskinan di Bengkulu," jelas Gubernur.

BACA JUGA:PDIP Tegaskan Belum Ada Rekomendasi kepada Pasangan Helmi Hasan dan Ir Mian

Lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, yang juga penting dilakukan peningkatan kinerja dari BRS BPS Provinsi Bengkulu, yaitu bagaimana optimalkan neraca ekspor-impor. 

"Jadi perlu didorong lagi semua komoditas Bengkulu itu keluar dari pintu ekspor Bengkulu salah satunya dari Pelabuhan Pulau Baai. Apalagi saat ini sudah tersedia memadai fasilitas peti kemas yang didukung bea cukai dan pihak lainnya," imbuhnya. 

BACA JUGA:Pelaku Penikaman di Warem Seluma Akhirnya Ditangkap 8 Jam Usai Kejadian

Disampaikan Kepala Perwakilan BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal, dibandingkan Maret 2023 lalu, pada Maret 2024 angka kemiskinan tingkat Provinsi Bengkulu mengalami penurunan sebesar 0,48 persen. Di mana angka kemiskinan Bengkulu saat ini berada pada angka 13,56 persen. 

BACA JUGA:Heboh! Ribuan Ekor Ikan Terdampar di Tepi Pantai Kungkai Baru Seluma Jadi Rebutan Warga

"Angka ini menunjukkan keberhasilan cukup baik dari pemerintah daerah di Bengkulu dalam menurunkan angka kemiskinan. Di mana faktor penurunan angka kemiskinan ini dipengaruhi atas menurunnya angka inflasi, sehingga meningkatnya angka konsumsi masyarakat," ungkapnya. (Ilham) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: