KPU

5 Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil, Cegah Preeklamsia hingga Tekan Resiko Baby Blues

5 Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil, Cegah Preeklamsia hingga Tekan Resiko Baby Blues

Ilustrasi. 5 manfaat kalsium untuk ibu hamil, cegah preeklamsia hingga tekan resiko baby blues--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Gangguan tersebut seperti sembelit, batu ginjal, perut kembung, hingga aritmia atau ganggan irama jantung serta berpotensi menghambat penyerapan mineral penting seperti zat besi. 

Lantas apa saja manfaat kalsium bagi ibu hamil ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Perbanyak Konsumsi Zat Besi pada Masa Kehamilan, Ini 5 Cara Lain Cegah Anemia untuk Ibu Hamil

Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil

1. Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia merupakan peningkatan tekanan darah pada ibu hamil yang perlu segera ditangani agar tidak membahayakan keselamatan ibu dan juga janin. 

Hal ini lantaran preeklamsia dapat menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terhambat, bayi lahir prematur hingga adanya gangguan pernapasan akibat paru-paru yang tidak berkembang dengan baik, 

BACA JUGA:9 Ciri-ciri Anemia pada Ibu Hamil yang Tak Boleh Diabaikan, Badan Lesu hingga Tekanan Darah Rendah

Dengan memastikan asupan calcium lactate cukup sebelum masa kehamilan serta memenuhi kebutuhannya selama masa kehamilan, kamu bisa mencegah hal ini terjadi. 

2. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi Janin

Manfaat lainnya dari kalsium untuk ibu hamil adalah untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin secara maksimal. 

BACA JUGA:7 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil, Kurang Asupan Vitamin B12 Salah Satunya

Bukan hanya itu saja, kalsium ini juga diperlukan untuk mendukung perkembangan otot, janutng dan juga sistem saraf pada janin. 

3. Mencegah Osteoporosis pada Ibu

Mencukup asupan kalsium juga dapat membantu mencegah osteoporosis pada ibu hamil lantaran pada masa kehamilan ini banyak nutrisi di dalam tubuh ibu disalurkan ke janin, termasuk kalsium. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: