dempo

5 Cara Cegah Osteoporosis, Lakukan Sejak Dini Jika Tidak Ingin Menyesal

5 Cara Cegah Osteoporosis, Lakukan Sejak Dini Jika Tidak Ingin Menyesal

5 cara cegah osteoporosis, lakukan sejak dini jika tidak ingin menyesa--(Sumber Foto: Doc/BETV)

3. Konsumsi vitamin D

Selain memenuhi kebutuhan kalsium, kamu juga perlu memenuhi asupan vitamin D karena vitamin yang satu ini berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. 

Tidak hanya itu, vitamin yang satu ini juga berperan penting dalam menjaga kadar fosfor dalam darah. Fosfor da kalsium sendiri merupakan dua mineral yang penting dalam menjaga kesehatan tulang. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ternyata Ini Alasan Para Ibu Hamil Perlu Penuhi Kebutuhan Vitamin D Saat Masa Kehamilan

Oleh sebab itu, mengonsumsi vitamin D yang cukup penting untuk menjaga kekuatan tulang dan juga mencegah pengeroposan pada tulang. 

Kamu juga dapat memperoleh asupan vitamin D dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari selama setidaknya 10-15 menit dengan menggunakan tabir surya. 

Selain itu, kamu juga dapat memenuhi asupan vitamin D dengan mengonsumsi makanan serta minuman yang kaya akan vitamin D seperti telur, susu, sereal, salmon, tuna, dan sejenisnya. 

BACA JUGA:Intip Beragam Manfaat Buah Melon Bagi Anak Usia 1 Tahun, Bagus Perkuat Tulang

4. Menghindari Kebiasaan Buruk

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. 

Sebaiknya terapkan hidup sehat dengan menghindari kedua hal tersebut lantaran kedua kebiasaan buruk ini dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyimpan kasium. 

Selain menghilangkan kebiasan merokok dan minum alkohol, kamu juga sebaiknya mengurangi konsumsi minuman bersoda lantaran minuman ini dapat memicu pelepsan kalsium dan mengurangi kepadatan tulang. 

BACA JUGA:Bukan Hanya untuk Tulang, Ini 5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

5. Rutin Berolahraga

Untuk menghindari osteoporosis, kamu juga oerlu rutin berolahraga karena rutin bergerak dapat membantu meningkatkan kepadatan dan juga kekuatan tulang terutama jika dilakukan rutin di masa anak-anak dan remaja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: