dempo

5 Efek Samping Kelebihan Kalsium bagi Tubuh, Bisa Sebabkan Gangguan Pencernaan hingga Masalah Jantung

5 Efek Samping Kelebihan Kalsium bagi Tubuh, Bisa Sebabkan Gangguan Pencernaan hingga Masalah Jantung

5 efek samping kelebihan kalsium bagi tubuh, bisa sebabkan gangguan pencernaan hingga masalah jantung--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Mineral ini tidak hanya berperan untuk pembentukan tulang dan gigi namun juga penting untuk proses pembekuan darah, membantu otot untuk berkontraksi termasuk untuk mengatur irama jantung normal dan juga fungsi saraf. 

BACA JUGA:5 Dampak Kekurangan Kalsium yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Perparah PMS

Kalsium sendiri tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kamu dapat memperoleh kalsium dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu atau makanan lainnya. 

Kekurangan kalsium di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang sama sekali tidak boleh diabaikan, masalah ini dapat berkaitan dengan otot, tulang, dan juga gigi. 

BACA JUGA:Bukan Hanya untuk Tulang, Ini 5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya kekurangan kalsium, kelebihan kalsium juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Beberapa efek samping tersebut di antaranya dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Efek Samping Kelebihan Kalsium bagi Tubuh

1. Haus Berlebihan dan Sering Buang Air Kecil

Efek samping pertama yang ditimbulkan akibat kelebihan kalsium ini adalah munculnya rasa haus berlebihan dan sering buang air kecil lantaran ginjal bekerja lebih keras untuk menyaringnya. 

BACA JUGA:Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

2. Gangguan Sistem Pencernaan 

Kelebihan kalsium juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti menyebabkan keluhan sakit perut, mual, muntah, dan juga sembelit. 

3. Nyeri Tulang dan Lemah Otot

Efek samping berikutnya yang terjadi akibat kelebihan kalsium adalah menyebabkan nyerti tulang dan juga lemah otot akibat kalsium yang terlepas dari tulang. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Susu, Ini 10 Daftar Makanan Sumber Kalsium untuk Jaga Kesehatan Tubuhmu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: