dempo

5 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Lansia, Pastikan untuk Tetap Bergerak Aktif

5 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Lansia, Pastikan untuk Tetap Bergerak Aktif

5 cara jaga daya tahan tubuh lansia, pastikan untuk tetap bergerak aktif--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Tips Hidup Sehat untuk Lansia

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Penting untuk lansia memenuhi kebutuhan nutrisi mereka agar tubuh tetap sehat dan kuat sehingga dapat menjalani aktivitas dengan nyaman. 

Lansia perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan juga daging rendah lemak agar sistem kekebalan tubuh mereka terjaga sehingga mereka dapat terlindungi dari virus serta bakteri penyebab penyakit. 

BACA JUGA:Tetap Bugar di Usia Lanjut dengan 5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia Ini, Cek Segera!

Mengonsumsi buah dan sayur baik untuk lansia karena dapat menjadi sumber antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan juga menjaga tubuh agar tetap sehat. 

Lansia juga sebaiknya membatasi konsumsi makanan manis dan berlemak lantaran dapat memicu peradangan di dalam tubuh dan juga menurunkan sistem kekebalan tubuh. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 6 Pantangan Makanan untuk Lansia, Hindari Agar Lansia Selalu Sehat

2. Tetap Bergerak Aktif

Selain mengonsumsi makanan bergizi, lansia juga perlu tetap bergerak aktif untuk menjaga kesehatan sekaligus menambah usia harapan hidup mereka. 

Banyak lansia yang seringkali memutuskan untuk beristirahat sehingga bergerak lebih pasif. Padahal lansia juga perlu berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit serius termasuk disabilitas yang mungkin akan muncul. 

BACA JUGA:Jauhkan Kelompok Lanjut Usia dari Penyakit dengan Menerapkan Tips Hidup Sehat untuk Lansia Ini, Cek Segera

Meski demikian, tidak lantas lansia haru bergerak seperti anak muda pada umumnya. Mereka juga tetap harus menyesuaikan jenis serta intensitas olahraga dengan kondisi tubuh 

Mereka dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, berenang hingga bersepeda untuk menjaga kesehatan organ jantung dan paru-paru. Selain itu mereka juga dapat melakukan yoga dan peregangan untuk membantu tubuh lebih fleksibel. 

BACA JUGA:Kelompok Lansia Rentan Sakit, Inilah Cara Meningkatkan Sistem Imun Mereka, Cek Segera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: