dempo

Waspada Penyakit Alzheimer, Kenali Penyebab dan Faktor Resikonya di Sini

Waspada Penyakit Alzheimer, Kenali Penyebab dan Faktor Resikonya di Sini

Waspada penyakit alzheimer, kenali penyebab dan faktor resikonya di sini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Penyakit alzheimer ini mempengaruhi kelompok orang yang berada di usia di atas 65 tahun sehingga semakin tua usia seseorang, maka semakin tinggi pula kemungkinan seseorang mengalami alzheimer. 

Lantas apa saja penyebab penyakit alzheimer ini dan faktor resiko yang mempengauhinya? Simak informasinya yang telah BETV ramgkum untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:Sering Dialami Lansia, Ini Penyebab Penyakit Alzheimer dan Faktor Resikonya

Penyebab Penyakit Alzheimer

Terdapat dua penyebab penyakit alzheimer yang terjadi secara biologis maupun akibat faktor lingkungan, berikut penjelasannya :

1. Penyebab Penyakit Alzheimer secara Biologis

Secara biolois, penyebab penyakit alzheimer ini terjadi saat protein di dalam otak gagal untuk berfungsi seperti biasanya sehingga mengganggu kinerja pada sel-sel otak (neuron). 

BACA JUGA:Mengenal Alzheimer, Penyakit Kronis yang Dapat Sebabkan Kelumpuhan Otak, Apa Itu?

Kondisi ini menyebabkan neuron menjadi rusak dan kehilangan koneksi satu sama lain sehingga pada akhirnya mati dan tidak berfungsi. 

Bukan hanya itu, pada sebagian besar orang, penyakit alzheimer ini disebabkan oleh kombinasi antara faktor genetik, gaya hidu, dan juga lingkungan yang mempengaruhi otak seiring berjalannya waktu. 

BACA JUGA:Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Bisa Cegah Alzheimer

Biasanya perkembangan penyakit Alzheimer ini juga dimulai bertahun0tahun sejak adanya kemunculan gejala pertama dan kerusakan yang terjadi seringkali dimulai di wilayah otak yang mengendalikan ingatan. 

Setelah itu kehilangan neuron ini menyebar dalam pola yang cukup dapat diprediksi ke wilayah otak yang lain sehingga pada tahap akhir penyakit, otak menyusut secara signifikan. 

BACA JUGA:Inilah Gangguan Otak yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Alzheimer

2. Penyebab Penyakit Alzheimer secara Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: