dempo

Mengenal Penyakit Parkinson, Penuaan Sistem Saraf yang Bisa Sebabkan Gangguan Motorik, Apa Itu?

Mengenal Penyakit Parkinson, Penuaan Sistem Saraf yang Bisa Sebabkan Gangguan Motorik, Apa Itu?

Ilustrasi. Mengenal penyakit parkinson, penuaan sistem saraf yang bisa sebabkan gangguan motorik, apa itu?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Penderita penyakit parkinson akan mengalami kesulitan dalam mengontrol gerak tubuh, mempertahankan posisi tubuh dan juga kesulitan untuk menghentikan gerakan tertentu. 

Gejala dari penyakit parkinson ini biasanya muncul sevara perlahan seperri tremor yang hampir tidak terlihat pada satu tangan. 

BACA JUGA: 6 Ciri Ini Bisa Jadi Peringatan Dini Penyakit Parkinson, Kenali Dari Sekarang!

Meski terlihat umum, gejala parkinson yang satu ini dapat menyebabkan adanya kekakuan atau perlambatan seseorang pada orang yang mengalaminya. 

Biasanya pada tahap awal, wajah penderita parkinson ini mungkin tidak akan menunjukkan ekspresi sama sekali. Tangan dan kaki mereka juga tidak akan berayun saat berjalan. 

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Parkinson, Gangguan Saraf yang Tak Bisa Disembuhkan, Apa Itu?

Kemudian mereka juga akan mengalami gangguan pada kemampuan bicara seperti kemampuan tersebut berkurang atau terganggu. Gejala-gejala ini akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu terutama tanpa penanganan yang tepat. 

Penyakit parkinson sendiri merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun terdapat beberapa pengobatan yang dilakukan untuk mengurangi gejala penyakit ini. 

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Stres pada Lansia, Salah Satunya Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Untuk mengetahui jika seseorang mengidap parkinson atau tidak, terdapat beberapa diagnosis yang akan dilakukan oleh dokter seperi dengan melakukan anamnesis atau wawancara medis dengan pasien untuk mengetahui keluhan. 

Wawancara ini juga dilakukan untuk mengetahui obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien dan juga riwayat kesehatan keluarga dan juga pasien. 

BACA JUGA:Perubahan Gaya Hidup hingga Kondisi Sekitar Tak Mendukung, Ini 5 Penyebab Stres pada Lansia

Tidak hanya itu, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan fisik untuk dapat memeriksa postur tubuh dan juga kondisi otot pada pasien. 

Selain itu, dokter juga akan melakukan beberapa pemeriksaan penujang untuk membantu menegakkan diagnosis terhadap penyakit ini. 

BACA JUGA:Sering Dialami Lansia, Ini Penyebab Penyakit Alzheimer dan Faktor Resikonya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: