6 Jenis Perilaku Manipulatif dalam Hubungan, Nomor 1 Paling Sering Dialami

6 Jenis Perilaku Manipulatif dalam Hubungan, Nomor 1 Paling Sering Dialami

Ilustrasi. Jenis-jenis perilaku manipulatif dalam hubungan --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat banyak jenis-jenis perilaku manipulatif yang bahkan secara tidak sadar kamu alami dalam hubungan yang sedang kamu alami. 

BACA JUGA:Sering Dianggap Limbah, Kulit Kentang Punya Banyak Manfaat untuk kesehatan, Ini 3 Ragam Khasiat yang Ditawarka

BACA JUGA:Investasi Masa Depan, Yuk Mengenal Perilaku Manipulatif dalam Hubungan dan Hindari Tandanya!

Mengetahui jenis manipulatif merupakan hal yang sangat penting agar kamu dapat menghindari atau keluar dari hubungan tersebut sebelum terlambat. 

Sifat manipulatif ini sayangnya seringkali tidak disadari oleh para korban yang mengalami hal tersebut hingga mereka merasakan masalah mental dan emosional di kemudian hari. 

Manipulatif merupakan salah satu perilaku buruk yang merugikan orang lain lantaran akan membuat orang lain merasa bersalah dan mempertanyakan dirinya sendiri. 

BACA JUGA:Biasa Jadi Menu Makanan Sehat, Ini Sederet Manfaat Mengonsumsi Tahu Putih untuk Tubuh

BACA JUGA:Telur Pantang Dikonsumsi dengan 5 Ragam Makanan Ini, Salah Satunya Kopi, Berikut Gejala yang Ditimbulkan

Sifat manipulatif ini dapat ditemui dimana saja dan terjadi pada siapa saja termasuk di dalam sebuah hubungan romantis, hubungan pertemanan, hingga hubungan pekerjaan. 

Kamu tidak boleh meremehkan perilaku manipulatif lantaran perilaku ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang apabila terus dibiarkan sehingga penting untuk mengenali perilaku untuk lebih jauh agar dapat terhindar dari perilaku tersebut. 

Perilaku-perilaku ini dilakukan agar korban percaya jika mereka bersalah dan pelaku merasa jika dirinya benar. Hal inilah yang menyebabkan korban manipulatif seringkali merasa bingung. 

BACA JUGA:Ini 8 Jenis Buah Nangka yang Dibudidayakan, Nomor 5 Unik Sekali, Cek Sekarang

BACA JUGA:5 Resep Olahan Nangka yang Mantul, Salah Satunya Puding, Kamu Wajib Coba Buat

Korban manipulatif ini juga sering merasa tidak yakin tentang apa yang harus mereka rasakan atau pikirkan, mereka juga akan meminta maaf atas sesuatu yang bahkan bukan merupakan kesalahan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: