KPU

Sama-sama Masalah Ingatan, Ketahui 3 Perbedaan Pikun dan Pelupa Ini, Gejalanya Berbeda, Lho!

Sama-sama Masalah Ingatan, Ketahui 3 Perbedaan Pikun dan Pelupa Ini, Gejalanya Berbeda, Lho!

Ilustrasi. Sama-sama masalah ingatan, ketahui 3 perbedaan pikun dan pelupa ini, gejalanya berbeda, lho!--(Sumber : Doc/BETV)

Di sisi lain, pikun memerlukan perhatian medis yang lebih serius, terutama jika disebabkan oleh penyakit degeneratif. Oleh karena itu, mengenali tanda-tanda dan perbedaan antara keduanya menjadi kunci dalam menjaga kesehatan otak.

Lantas apa saja perbedaan antara pikun dan pelupa ini? Simak informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Pemilihan Ketua DPD RI Berlangsung Dramatis: Senator Bengkulu Sultan B. Najamudin Terpilih Sebagai Pemenang

BACA JUGA:Nyeri Dada Termasuk Salah Satu Gejala Darah Tinggi, Cek Ciri-ciri Lainnya di Sini

Perbedaan Pikun dan Pelupa

1. Perbedaan dari Segi Pengertian 


--(Sumber : iStockPhoto)

Perbedaan pertama antara pikun dan pelupa datang dari segi pengertian. 

Pikun atau demensia adalah istilah yang merujuk pada penurunan fungsi kognitif yang serius, yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, mengingat, dan berkomunikasi. 

Pikun biasanya terjadi secara bertahap dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penuaan, penyakit neurodegeneratif, atau cedera otak. 

Gejala yang muncul saat pikun ini bisa meliputi kesulitan dalam berkomunikasi, perubahan suasana hati, serta kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Ini 7 Penyebab Darah Tinggi yang Harus Diketahui, Stres Termasuk Salah Satunya

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Gelar Sosialisasi Cegah Pelajar Terlibat Geng Motor

Sementara itu, pelupa adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan mengingat informasi tertentu, namun tidak sampai mempengaruhi fungsi kognitif secara keseluruhan. 

Pelupa bisa terjadi pada siapa saja dan sering kali bersifat sementara. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari stres, kelelahan, hingga kurang tidur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: