8 Manfaat Konsumsi Buah Salak yang Jarang Diketahui dan Baik untuk Kesehatan

Senin 20-05-2024,09:50 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

Hanya saja, beberapa manfaat dari salak ini perlu diteliti kembali. Kamu bisa menyajikan buah tersebut sebagai camilan atau makanan penutup, hingga dibuat sebagai minuman yang menyehatkan.

BACA JUGA:Atasi Jamur Hingga Bau Mulut, Inilah Sederet Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

7. Mencegah sembelit

Tersebar mitos yang mengatakan bahwa dengan mengonsumsi buah salak bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Hanya saja, masih belum dapat dipastikan kebenarannya, sebab masih mitos.

Namun fakta menunjukkan sebaliknya yakni dengan mengonsumsi buah salak secukupnya mampu mencegah terjadinya sembelit. Hal ini karena terdapat kandungan serat dalam buah salak yang berperan untuk menjaga kesehatan saluran cerna, meningkatkan bakteri baik yang ada di usus, serta membuat tinja jadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Cegah Dehidrasi hingga Osteoporosis

8. Mengontrol kadar asam urat

Tak hanya itu, manfaat buah salak selanjutnya adalah bisa mengontrol kadar asam urat. 

Penelitian membuktikan bahwa salak punya kandungan senyawa yang dapat menghambat enzim xanthin oksidasi di mana berperan dalam memproduksi asam urat. Bahkan, manfaat tersebut diduga setara dengan obat asam urat.

Selama tidak berlebihan, buah salak sangat aman dikonsumsi dan dapat kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan. Diketahui dengan mengonsumsi salak bisa meningkatkan imunitas tubuh dan dapat terjaga dari risiko penyakit yang serius.

BACA JUGA:Jadi Buah yang Diberkahi, Intip 6 Manfaat Buah Zaitun Ini untuk Kesehatan Tubuh

Nah, inilah beberapa manfaat buah salak yang jarang diketahui dan baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :