8 Manfaat Konsumsi Buah Salak yang Jarang Diketahui dan Baik untuk Kesehatan

Senin 20-05-2024,09:50 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Setiap buah tentu memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya buah salak. Jarang diketahui tentang manfaat buah salak untuk kesehatan ini.

Bahkan, buah ini dipercaya ampuh mengontrol diabetes hingga kadar asam urat. Tidak hanya enak dikonsumsi, ternyata buah ini punya kandungan yang baik untuk tubuh tetap sehat.

Siapa yang tidak suka dengan buah ini? Ya tentu ada yang menyukai dan ada yang tidak. Bagi penggemar salak, buah tersebut bisa membuat seseorang ketagihan karena rasanya yang nikmat.

BACA JUGA:Mendukung Tumbuh Kembang Janin, Cek 7 Manfaat Lain Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Buah ini akan terasa manis dan sedikit sepat, meskipun begitu tidak akan bosan seseornag mengonsumsi buah ini.

Memiliki nama ilmiah Salacca zalacca yang masih famili dengan Palmae atau jenis tumbuhan Arecaceae asli Indonesia, buah salak dapat ditemukan juga di Malaysia. Bahkan salak ini berbuah secara 'bergerombol' di bagian tertentu pangkal pohonnya.

Tidak heran jika buah ini akan sangat bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Buah ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral tersebut seperti vitamin B2, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Jaga Berat Badan hingga Lancarkan Pencernaan

Sehingga tidak diragukan lagi manfaat dari buah salak ini. Kamu dapat mengonsumsinya secara rutin dan tidak berlebihan.

Dilansir dari alodokter, berikut inibeberapa manfaat buah salak yang jarang diketahui dan baik untuk kesehatan.

1. Mengontrol diabetes

Dalam sebuah penelitian, buah salak ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal ini diduga karena buah tersebut dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa kandungan seperti antioksidan dan asam asetat pada cuka salak mempunyai antidiabetik. Sehingga bisa meningkatkan fungsi kelenjar pankreas dalam memproduksi hormon insulin dan bisa dimanfaatkan menjadi obat diabetes.

BACA JUGA:Dijuluki Superfood, Ini 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Kulit, Bikin Glowing dan Sehat!

2. Peningkatan daya ingat

Kategori :