Gemuk Bukan Berarti Sehat, Ibu Perlu Kenali Sederet Tanda Obesitas pada Anak Ini

Selasa 25-06-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Tanda obesitas pada anak dapat terlihat dengan jelas, namun orang tua seringkali mengabaikan hal ini dan menganggap jika anak yang gemuk adalah anak yang sehat. 

BACA JUGA:Herbal Alami Cegah Obesitas, Ini 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Padahal obesitas dapat menjadi hal yang serius lantaran masalah yang satu ini dapat menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan lainnya pada tubuh anak. 

Obesitas merupakan sebuah kondisi kronis yang biasanya terjadi akibat adanya penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh. 

BACA JUGA:10 Bahaya Tidur Berlebih Bagi Kesehatan, Sebabkan Obesitas Salah Satunya

Kondisi ini terjadi saat kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan proses pembakaran yang dilakukan sehingga lemak akan bertumpuk di dalam tubuh. 

Biasanya orang tua akan merasa senang jika anak mereka bertubuh gemuk lantaran memiliki tubuh yag gemuk ini seringkkali dianggap sehat karena memiliki nafsu makan yang tinggi. 

BACA JUGA:7 Cara Cegah Obesitas Pada Remaja, Batasi Asupan Gula Salah Satunya

Padahal memiliki tubuh yang gemuk ini bisa dikategorikan sebagai obesitas pada anak-anak dan juga dapat meningkatkan resiko komplikasi berbagai jenis penyakit. 

Masalah obesitas tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun rentan mengalami kondisi ini yang jika dibiarkan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada anak tersebut. 

BACA JUGA:Tingkatkan Imunitas hingga Cegah Obesitas, Ini 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk dapat mengenali tanda ini agar dapat melakukan pencegahan dan juga penanganan dari obesitas ini. 

Meski demikian, orang tua juga perlu tahu jika tidak semua anak berbadan besar mengalami obesitas lantaran terdapat beberapa anak yang memiliki kerangka tubuh lebih besar dibandingkan anak seusianya karena faktor genetik. 

BACA JUGA:6 Penyebab Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan, Obesitas hingga Kebiasaan Merokok

Untuk itu, penting bagi para orang tua untuk mengenali tanda anak mengalami obesitas agar dapat membedakannya dengan kodisi tubuh yang berbeda. 

Kategori :