Waspada 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Buah Tomat, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Rabu 24-07-2024,11:26 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Saat mengonsumsi tomat, sebaiknya kamu tetap waspada lantaran terdapat efek samping terlalu banyak makan buah tomat ini bagi tubuhmu. 

BACA JUGA:3 Cara Mudah Atasi Flek Hitam di Wajah dengan Buah Stroberi, Kulit Auto Glowing dan Cerah Seketika

BACA JUGA:7 Jenis Buah Tomat yang Perlu Kamu Ketahui, Nomor 5 Banyak Digemari

Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan asupan buah yang satu ini ke dalam tubuhmu agar dapat menghindari berbagai efek sampingnya dan memaksimalkan manfaatnya. 

Buah tomat memang dikenal sebagai buah yang sehat dan baik untuk kesehatan lantaran mengandung banyak sekali nutrisi untuk tubuh berkat kandungan yang ada di dalamnya.  

Di dalam buah ini terdapat kandungan antioksidan alami bernama likopen yang berperan untuk memerangi bahaya radikal bebas yang dapat menjadi pemicu terjadinya kanker. 

BACA JUGA:6 Makanan yang Harus Dihindari saat Batuk, Nomor 2 Sering Diabaikan, Cek di Sini

BACA JUGA:8 Manfaat Stroberi untuk Hamil, Ampuh Cegah Anemia, Sudah Tahu?

Tidak hanya itu saja, buah tomat juga mengandung berbagai antioksidan lain seperti polifenol, naringenin, dan juga chlorogenic acid yang memiliki segudang manfaat. 

Buah yang satu ini juga baik untuk dikonsumsi oleh kamu yang sedang melakukan diet lantaran buah ini rendah kalori dan lemak namun tetap kaya akan karotenoid, lutein, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium.

BACA JUGA:8 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan Tubuh, Ampuh Atasi Peradangan, Kamu Wajib Tahu!

BACA JUGA:8 Fakta Menarik Buah Tomat yang Perlu Kamu Ketahui, Ada yang Berukuran Raksasa!

Namun senyawa yang ada di dalam buah tomat dapat memberikan efek samping atau dampak yang tidak baik bagi tubuh terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bahkan pada beberapa orang dengan kondisi tertentu, tomat justru dapat menyebabkan komplikasi sehingga buah yang sehat ini tidak baik bagi semua orang. 

BACA JUGA:7 Penyebab Ini Bikin Kulit Gampang Kering, Coba Atasi Dengan Cara Berikut

Kategori :