6 Cara Atasi Anak Tantrum, Jangan Buru-buru Marahi Mereka, ya Bunda!

Selasa 30-07-2024,11:12 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Jika orang tua merasa bingung, berikut telah BETV rangkum informasi mengenai cara mengatasi anak tantrum yang dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Mulai dari Lumer Sampai yang Krispi, Ini 5 Resep Olahan Pisang Kekinian Wajib Kamu Coba

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Lupus dan Faktor Penyebabnya, Kamu Perlu Tahu Ini!

Cara Mengatasi Anak Tantrum

1. Bersikap Tenang


--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Hal pertama yang harus orang tua lakukan saat anak tantrum adalah dengan bersikap tenang karena biasanya anak yang tantrum bisa mmebuat orang tua merasa panik, khawatir, dan juga risi akibat pandangan orang-orang disekitar. 

Oleh sebab itu, cara pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah dengan bersikap tenang. Setelah itu kamu bisa mengajak anak untuk berdiskusi dengan mengajaknya ke tempat yang lebih sepi untuk menenangkan emosinya. 

Sikap orang tua yang tenang ini dapat membuat tantrum anak menjadi lebih mudah untu diatasi sehingga sebaiknya hindari menghadapi anak tantrum dengan teriakan atau paksaan. 

BACA JUGA:Pusing HP Kamu Sering Diteror SMS Pinjol, Simak 7 Cara Ampuh yang Bisa Membebaskan Dari Pinjaman Online Ilegal

BACA JUGA:Coba 3 Resep Olahan Ayam Sederhana Ini Sebagai Menu Makan Pagi, Enak Bikin Nagih

2. Mencaritahu Penyebabnya

Untuk dapat mengatasi tantrum, orang tua perlu mengetahui penyebab anak mengalami kondisi tersebut apakah karena keinginan mereka yang tidak terpuhi atau adanya perasaan yang sulit untuk diungkapkan. 

Orang tua dapat bertanya pada anak alasan kenapa mereka menangis atau marah, pastikan untuk bertanya di tempat yang sepi dan juga tenang. 

Jika orang tua telah mengetahui alasannya, biasanya akan lebih mudah untuk mengatasi masalah tersebut. 

BACA JUGA:Melawan Saat Ditangkap, 3 Pelaku Pembobol Konter HP di Kota Bengkulu Dihadiahi Timah Panas

Kategori :