10 Jenis Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Mata, Ada Wortel hingga Tomat

Jumat 30-08-2024,17:01 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Wortel telah lama dikenal luas sebagai makanan yang baik untuk mata lantaran wortel kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan retina dan penglihatan malam hari. 

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja dan masalah penglihatan lainnya sehingga penting untuk memenuhi asupan vitamin A harian. 

Bukan hanya itu, wortel juga mengandung beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel mata dari kerusakan.

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! Ini 7 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak, Ajak Mereka Beraktivitas di Luar

BACA JUGA:Bandar Sabu di Kontrakan Sungai Rupat Ditangkap, Sempat Sembunyi di Plafon Rumah

2. Ikan Berlemak  

Selain wortel, kamu juga bisa mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel yang merupakan sumber omega-3 yang sangat baik. 

Omega-3 juga dapat membantu menjaga kesehatan retina dan dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (DMTU) dan sindrom mata kering.

Bukan hanya itu, asam lemak omega-3 juga memiliki efek anti-inflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan mata secara keseluruhan.

BACA JUGA:11 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan, dari Kontrol Gula Darah hingga Kurangi Peradangan

BACA JUGA:Dapatkan 5 Manfaat Kacang Hijau Ini Bagi Kecantikan, Sayang untuk Dilewatkan

3. Bayam dan Sayuran Hijau  


--(Sumber : iStockPhoto)

Jenis makanan lainnya yang baik untuk kesehatan mata adalah bayam, kale, dan sayuran hijau lainnya. Sayuran hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang ditemukan di retina. 

Nutrisi ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas, serta dapat mengurangi risiko katarak dan DMTU. 

Bukan hanya itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan tambahan untuk mendukung kesehatan mata.

Kategori :